Geely Mau Tantang Ferrari

Geely Mau Tantang Ferrari

Zhejiang, Motoris – Cerita dari pabrikan mobil China yang satu ini memang tak ada habisnya. Setelah resmi membeli startup mobil terbang asal Amerika Serikat dan menawar Daimler Rp 60 triliunan, kini Zhejiang Geely Holding Group punya ambisi baru, yakni menantang Ferrari di kelas mobil sport premium.

Namun, ambisi yang satu ini punya landasan yang kuat, setelah perusahaan membeli 51 persen saham kepemilikan Lotus dari Proton, pertengahan tahun ini. Lewat merek mobil sport Lotus, Geely berharap bisa mendongkrak ke level yang sama, seperti merek ikonik asal Italia itu. Pada kesepakatan itu, Geely juga membeli 49,9 persen saham Proton.

“Kami lagi menyiapkan rencana, kami mau mengembalikan warisan Lotus sebagai salah satu pemain utama di segmen mobil sport premium. Lotus dulunya sebanding dengan Ferrari dan Porsche, jadi kami mau untuk kembali ke level itu lagi,” kata CEO Geely Auto, AnChong Hui, dilansir Autocar (30/11/2017).

Dengan modal besar yang dimiliki Geely, bukan hal yang mustahil Lotus bakal bersanding dengan Ferrari atau Lamborghini di masa depan. Tapi, pasti mahal biayanya.

Baca juga: Geely Tawar Daimler Rp 60,8 T, Tapi Ditolak

Rencana yang lebih masuk akal juga diceritakan, yaitu menciptakan model baru buat Lotus, bergenre sport utility vehicle (SUV). Model baru ini kemungkinan akan memanfaatkan platform Compact Modular Architecture, yang juga digunakan Volvo XC40 dan Lynk&CO 01, merek premium Geely.

Platform ini memungkinkan untuk menggunakan mesin bertenaga besar, sekaligus mengaplikasi sistem penggerak roda belakang. Jadi cocok buat karakter Lotus yang berlabel merek mobil sport. (sna)

CATEGORIES
TAGS
Share This