Bisnis Renault Setengah Hati di Indonesia

Bisnis Renault Setengah Hati di Indonesia

Jakarta, Motoris – Renault Indonesia menaruh harapan cukup tinggi kepada Kwid. Namun, performa penjualan city car bernuansa crossover itu, sejak pertama diluncurkan pada 2016 sampai sekarang belum maksimal.

Ketika itu, Renault berharap bisa ikut menikmati pasar mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC). Namun, kenyataannya sama sekali tidak bisa merebut perhatian masyarakat Indonesia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2017 hanya terjual 163 unit. Begitu juga dalam empat bulan pertama tahun 2018 ini yang baru terjual 24 unit.

Apabila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu, memang ada peningkatan tetapi hanya empat unit, periode sama 2017 terjual 19 unit.

Secara harga, harusnya bisa bersaing dengan Agya, Ayla, Sigra, dan lain sebagainya sebab Kwid yang diimpor utuh dari India ini masih dibanderol Rp 120 jutaan. Mungkin ada faktor pelek dengan baut tiga yang tidak lazim di Indonesia. Memang tidak ada bukti, tetapi lumayan jadi pembahasan di berbagai forum otomotif daring.

Baca juga: Rolls-Royce dan Kemegahan Royal Wedding Kerajaan Inggris

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Toyota Rayu Pemerintah Indonesia Melalui Riset Mobil Listrik.

Model Renault yang dijual di Indonesia sebenarnya lumayan beragam, seperti Duster, Megane, hingga Koleos. Mobil paling laris, yaitu Duster yang diimpor utuh dari India. Sayang, Indomobil sebagai pemegang hak pemasaran di Indonesia, terkesan setengah hati pada merek asal Perancis ini. Minimnya jaringan pemasaran dan layanan purna jual, membuat pasar Renault terbatas.

Tahun lalu Duster terjual 188 unit, disusul Kwid berkontribusi kedua dengan 163 unit, dan ketiga Koleos yang diimpor utuh dari Korea Selatan dengan total penjualan 158 unit.

Sementara dalam empat bulan pertama tahun ini, masih Duster yang menjadi tulang punggung penjualan Renault di Indonesia. Periode Januari-April 2018 terjual 162 unit, disusul Kwid 24 unit, dan Koleos 11 unit. (kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This