Sedih Lihat Harga GSX 150 Series Bekas

Sedih Lihat Harga GSX 150 Series Bekas

Jakarta, Motoris – Entah apa salah Suzuki, sehingga harga motor sekennya terus melorot, tak terkecuali GSX 150 Series. Hingga kini, seakan tak ada yang bisa menahan kejatuhan harga jual kembali motor 150 cc terkencang di Indonesia ini.

Dari penelusuran di laman marketplace OLX, Jumat (8/6/2018), beberapa penjual mulai membanting harga motor rakitan Tambun, Bekasi, Jawa Barat, itu. Contohnya, ada yang memasang harga net Rp 15,95 juta untuk GSX-R150 pelat A (Banten) rakitan 2017, pajak hidup. Bahkan, ini yang lebih gila, ada yang mematok Rp 15,15 juta, kendati wajib ditelusuri lebih dalam.

Maklum saja, ada banyak oknum yang memanfaatkan marketplace untuk aksi tipu-tipu. Begitu dikontak, minta tanda jadi dulu, tanpa kejelasan memantau motor. Ada juga yang tak dapat dihubungi.

Prediksi Motoris, harga seken wajar motor terbaik 2017 versi Forwot itu sekitar Rp 16 jutaan untuk tahun perakitan 2017. Memang masih ada yang mematok di atas Rp 20 juta.

Namun, patut dicatat, pasar motor bekas itu kejam! Konsumen mencari motor bagus dengan banderol murah. Jadi, yang berpotensi besar laku adalah motor di bawah harga wajar atau maksimal di harga pasaran, berdasarkan pengalaman Motoris menjual beberapa motor seken di marketplace.

Baca juga: Honda Forza 125 Unggul Jauh dari Lexi

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Seberapa Nasional Kandungan Lokal Gesits?

Saat ini, banderol resmi GSX-R150 mencapai Rp 30,15 juta untuk varian keyless dan Rp 29,15 juta untuk varian anak kunci. Ini lebih murah dari Honda CBR 150R dan Yamaha R-15 masing-masing Rp 33,6-34,5 juta dan Rp 35,2-35,8 juta. Itu artinya, selisih harga GSX-R150 baru dan lama nyaris 50% hanya dalam tempo kurang lebih setahun.

Lanjut ke versi telanjangnya, GSX-S150, yang nasibnya tak lebih baik dari saudaranya. Masih dari OLX, sudah ada yang memasang harga Rp 13,75 juta, rakitan 2017, status pajak hidup. Ada sih yang mematok Rp 13 juta. Namun, status iklannya diragukan.

Harga GSX-S150 baru mencapai Rp 24,75 juta untuk varian memakai anak kunci dan Rp 26,2 juta untuk varian keyless. Varian terakhir baru saja dirilis di Jakarta Fair Kemayoran 2018 bersamaan dengan warna baru, kuning. Semoga bisa mengangkat penjualan motor ini.

GSX-S150 Series memakai mesin 147 cc, DOHC, dengan tenaga 19,1 Hp dan torsi 14 Nm. Tenaga ini merupakan yang tercadas di kelasnya. Handling dua motor ini jempolan, lantaran bodinya ringan. Mesin juga bisa digener hingga 13 ribu rpm, tanpa batasan.

Baca juga: Lawan KLX250 dari Yamaha Berubah Total

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Motor Turbo Suzuki Melesat Sebentar Lagi.

Kalaupun ada kekurangan, menurut Motoris, adalah posisi berkendara. Terus terang, setang underyoke (jepit) GSX-R150 sangat tidak nyaman dan menguras energi karena badan terlalu bungkuk. Seharusnya, setang sedikit dinaikkan seperti sang rival CBR 150. Toh, itu tak akan mengurangi kegagahan motor. Kedua, jok terlalu tipis. Sisanya ok saja.

Untuk yang S, Motoris menilai, kekurangan juga ada pada setang yang kurang tinggi. Agar enak dibawa touring jauh, setang bisa diganti dengan yang lebih tinggi. Jok juga harus dipertebal agar menambah kenyamanan. Sisanya sudah mantap.

Lalu mengapa harga GSX 150 Series bekas terdegradasi sedemikian dalam. Jawaban dari orang dalam PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) adalah karena citra merek yang lemah, tak seperti Honda dan Yamaha. Itu sebabnya, penguatan citra merek menjadi agenda utama SIS untuk menahan kejatuhan harga jual kembali. Semoga berhasil. (gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This