Mercedes-Benz Mulai Dikucilkan Gaikindo

Mercedes-Benz Mulai Dikucilkan Gaikindo

Jakarta, Motoris – Memutuskan untuk tidak mematuhi aturan dasar rumah tangga asosiasi, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mulai mengambil sikap pada mantan anggota, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia. Hal ini terlihat dalam perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, mulai bergulir Agustus mendatang.

Pihak MDI sudah menyatakan ikut serta jadi peserta pameran pada GIIAS 2018. Tetapi, ternyata ada sedikit bias informasi di sini.

Ketua Umum Gaikindo Johannes Nangoi, mengatakan, meski bukan anggota, tetapi GIIAS tetap memersilahkan merek manapun untuk jadi peserta pameran. “Mercedes ikut pameran, tetapi bukan APM-nya (MDI). Yang ikut itu diler, pak Jongkie (Jongkie Sugiarto) dari Pro Motor (salah satu diler Mercedes di Indonesia),” kata Nangoi kepada Motoris di Jakarta (4/7/2018).

Selain itu, besaran biaya sewa lantai pameran yang harus dikeluarkan Mercedes-Benz dalam GIIAS 2018, juga dibedakan dengan merek yang tergabung jadi anggota. “Pasti beda harganya, lebih mahal tentunya,” ucap Nangoi lagi.

Baca juga: Mercedes Ngarep Insentif, Supaya EQ Power Anti-Mahal

Pro Motor, salah satu diler utama Mercedes-Benz di Indonesia. dok. Rockomotif.com

Terkait laporan penjualan yang ditolak pihak prinsipal Mercedes-Benz kepada Gaikindo, Nangoi mengaku sudah tak mau ambil pusing. Pihak prinsipal menyatakan hanya mau memberikan data penjualan ke lembaga resmi pemerintahan, yakni Kementerian Perindustrian, bukan yang lain.

Sedangkan, menurut ADRT Gaikindo, setiap merek wajib melaporkan jumlah produksi dan penjualan ke asosiasi, untuk dilaporkan ke pemerintah Indonesia dan masyarakat umum.

“Urusan itu, katanya mau lapor langsung ke Kemenperin. Kita (Gaikindo) sudah tidak tahu-menahu lagi, sama sekali tidak ada terlibat,” kata Nangoi.

Sebelumnya, Deputy Director Marketing Communication MDI Hari Arifianto, mengatakan, selama GIIAS 2018, layanan akan tetap diberikan kepada konsumen, sama seperti penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.

“Kami turut serta, tetap hadir untuk memberikan layanan pada pelanggan. Tidak ada yang berubah dari sisi layanan, itu yang kita jaga dengan baik,” kata Hari, mengutip Kompas.com (21/6/2018). (sna)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Usia Toyota Sienta Tidak Panjang di Indonesia.

CATEGORIES
TAGS
Share This