CBR250RR Rontok, Honda Sebut Karena Daya Beli

CBR250RR Rontok, Honda Sebut Karena Daya Beli

Jakarta, Motoris – PT Astra Honda Motor (AHM) mengakui penjualan CBR250RR sepanjang Januari – Juni lalu ‘rontok’ dibanding periode yang sama tahun lalu. Faktor ekonomi, khususnya daya beli masyarakat, menjadi faktor penyebab remuknya penjualan motor sport andalan Honda di segmen 250 cc tersebut.

Direktur Pemasaran PT AHM Thomas Wijaya mengatakan, menurunnya daya beli masyarakat telah menyebabkan terjadinya pergeseran pilihan ke model yang berharga lebih murah. Atau, lanjut dia, mereka yang sedianya membeli motor sport itu menundanya.

“Konsumen menjadi menunda untuk membeli produk di kelas ini,” tutur Thomas usai peluncuran CB150R, CBR250RR, dan PCX Hybrid di Jakarta Utara, akhir pekan lalu.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) berbicara, penjualan Honda CBR250RR yang merupakan model flagship rakitan lokal Indonesia longsor hingga 75,8% di enam bulan pertama tahun ini. Motor ini hanya terjual 1.307 unit saja, padahal di periode sama tahun lalu masih laku 5.419 unit.

Baca juga: Honda CBR250RR Remuk, Koreksi Harga Jual

Varian termurah Honda CBR250RR, baru saja diluncurkan Rp 59,9 juta on the road Jakarta. dok. AHM

Kurang 400 unit
Penjualan rata-rata Honda CBR250RR saban bulan sepanjang semester pertama lalu tak sampai 400 unit. Bahkan di dua bulan terakhir yakni Mei dan Juni merosot tajam dari bulan-bulan sebelumnya.

Tercatat, pada Januari, motor ini terjual 307 unit, Februari 201 unit, Maret 223 unit, April 390 unit. Sedangkan di Mei penjualan yang dicatatkan hanya 107 unit, dan Juni cuma 79 unit.

“Kami melihatnya memang seperti itu. Semoga harapan kami ke depan tidak lagi seperti itu. Dan kami sekarang pun sudah mencoba merangsang pasar dengan meluncurkan tampilan terbaru pada CBR250RR ini,” imbuh Thomas.

Yamaha R25 – dok.istimewa

Pada segmen ini, Kawasaki menjadi merek yang merajai. Penjualan Kawasaki Ninja 250 tercatat sebanyak 6.121 unit. Sedangkan Yamaha R25 mengumpulkan angka penjualan sebanyak 733 unit. (Kpr)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya. Januari-Juni Ritel Jagoan Daihatsu Bertumbangan.

CATEGORIES
TAGS
Share This