Nissan Juke Dicoret di Amerika, Boncos di Indonesia

Nissan Juke Dicoret di Amerika, Boncos di Indonesia

Detroit, Motoris – Sejak diluncurkan di Eropa tahun 2018 hingga pekan ketiga Juli 2018 lalu Nissan Juke memang berjaya, dengan jumlah produksi mencapai 1 juta unit. Namun, capaian itu berbeda dengan wilayah Amerika yang terengah-engah dan akhirnya diputuskan untuk dicoret dari daftar model line up di wilayah itu.

Seperti dilaporkan laman Automotivenews, Minggu (29/7/2018), Nissan Amerika menyebut pencoretan crossover itu dari daftar model yang dijual di Amerika Serikat karena penjualannya yang terus muram. Catatan paling baru menunjukan, sepanjang tahun 2017 lalu, Juke hanya terjual 10.157 unit atau anjlok hingga 48% dibanding tahun sebelumnya.

Meredupnya penjualan Nissan Juke di Negeri Abang Sam itu tak lepas dari minat masyarakat terhadap mobil tersebut. Mereka enggan memilih Juke karena tidak memilii ruang kargo yang luas. Selain itu ruang bagi penumpang belakang yang sempit dan plafon atap yang rendah dirasa tak leluasa bagi penumpang di belakang.

Baca juga: Nissan Boncos, Indomobil Garap Bisnis Kirim Paket

Nissan Juke masih berjaya di Eropa dengan membukukan penjualan 95.000 unit saban tahun – dok.Autoguide

Nissan boleh berdalih bahwa Juke adalah crossover sport yang diperuntukan bagi konsumen usia muda yang masih lajang. Dengan kata lain mobil ini bukanlah mobil untuk keluarga. Tapi, alasan itu terbukti tak mempan.

Meski begitu, Nissan masih bisa bernapas lega di Eropa. Pabriknya di Sunderland Inggris, pekan ketiga Juli mencatatkan produk yang ke-1 juta. Rata-rata penjualan di wilayah Eropa mencapai 95.000 unit saban tahunnya.

Boncos di Indonesia
Seperti halnya di Amerika Serikat, penjualan Nissan Juke di Indonesia juga boncos. Bahkan tren penurunan terjadi pada tahun kedua setelah crossover itu diluncurkan di Tanah Air. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, sepanjang tahun 2012 penjualan secara wholesales Juke masih sebanyak 6.564 unit.

Namun di tahun 2013 melorot menjadi 3.128 unit. Bahkan di tahun berikutnya penjualan anjlok menjadi 1.100 unit.
Tren penurunan terus berlangsung di tahun 2015 sehingga penjualan tercatat hanya 722 unit. Dan nampaknya Nissan Indonesia tak kuasa membendung arus penurunan. Alhasil, penjualan di tahun 2016 cuma 305 unit.

Baca juga: Konsumen Seret Lagi Nissan ke Pengadilan

Nissan Juke model tahun 2015 – dok.Istimewa

Lagi-lagi, arus longsor penjualan terjadi di tahun 2017 sehingga Juke hanya laku 229 unit. Lantas bagaimana di kurun waktu Januari-Juni tahun ini? Data Gaikindo menunjukan, Juke hanya terjual 109 unit. (Ara)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia untuk grafis otomotif terkini lainnya-Datsun Cross Turbo Hadir Tahun Depan.

 

CATEGORIES
TAGS
Share This