Diluncurkan Jokowi, Uji Tipe AMMDes Belum Dimulai

Diluncurkan Jokowi, Uji Tipe AMMDes Belum Dimulai

Tangerang, Motoris – Setelah diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembukaan Gakindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2018, di ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (2/8/2018) lalu, ternyata uji tipe kendaraan Alat Mekanis Multiguna Perdesaan (AMMDes) masih belum dimulai.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang menjadi lembaga penguji mengaku masih harus merapatkan soal teknis AMMDes dengan lembaga terkait.

“Kita baru rapat yang pertama kali. Intinya, bagaimana nanti, mobil ini bisa didaftarkan di kepolisian. Nah, itu ada tahapannya. Begitu juga pendaftaran di kementerian perindustrian,” papar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, di area Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, ICE, BSD, Tangerang, Senin (6/8/2018).

Jika proses tahapan yang harus dilalui juga termasuk melakukan pengecekan apakah kendaraan yang bersangkutan sesuai dengan peraturan seperti yang ada di Korps Lalu-Lintas Polri. Selain itu apakah memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

Baca juga: Mantap, Baru Diluncurkan Komponen Lokal Mobil Desa 70%

AMMDEs penjualannya bakal digenjot setelah diproduksi awal 2019 nanti – dok.Motoris

Nomor rangka dan mesin

Menurut Budi yang juga mantan widyaiswara di Korlantas Polri itu, untuk dilakukan uji tipe sebuah model kendaraan baru juga harus memiliki nomor sasis dan mesin. Hal itu penting untuk mengetahui jatidiri dan keabsahan proses produksi berikut standarisasinya.

Hal itu dilakukan di kementerian perindustrian. Setelah pendaftaran nomor rangka dan nomor mesin itu dilakukan, barulah uji tipe bisa berlangsung.

“Jadi sekali lagi, masih ada beberapa tahapan. Setelah tahapan-tahapan itu selesai barulah dilakukan uji tipe di kemenhub,” ucap Budi.

Baca juga: Mobil Desa Meluncur di GIIAS

AMMDes di GIIAS 2018 – dok.Motoris

Sebelumnya, saat di pembukaan GIIAS 2018, Menperin Airlangga Hartarto mengatakan AMMDes siap diproduksi setelah perizinan uji tipe di Kemenhub kelas pada November mendatang. Kendaraan pedesaan itu bakal dibuat 3.000 – 6.000 unit mulai awal tahun 2019. Jumlah produksi bakal dikerek menjadi 12.000 – 15.000 unit pada tahun berikutnya. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This