Xpander Masih Sakti, Xenia Malah Enggak Bunyi

Xpander Masih Sakti, Xenia Malah Enggak Bunyi

Jakarta, Motoris – Meskipun panitia penyelenggara pameran GIIAS 2018 kini punya kebiasaan baru, bungkam soal total transaksi dan jumlah pengunjung tahun ini, tapi tidak membendung semangat keterbukaan para peserta pameran. Pascapameran, sudah biasa merek-merek mobil peserta, mengumumkan hasil pengumpulan surat pemesanan kendaraan (SPK), kali ini Motoris coba titik beratkan ke spesies paling laris, low multi-purpose vehicle (LMPV).

Setelah Motoris merunut, kiriman-kiriman rilis penjualan merek-merek peserta pameran, disimpulkan kalau Mitsubishi Xpander masih sakti dalam menyihir pengunjung GIIAS 2018, sebagai  mobil sejuta umat paling laris di pameran. Pihak Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengaku berhasil menjual total, 4.509 unit mobil, selama 11 hari pameran.

Dari jumlah itu, Xpander tentu saja yang terlaris, dengan 2.689 unit atau mencakup 60% dari total penjualan. Disusul Pajero Sport 1.584 unit, sisanya Outlander Sport, Mirage, Triton dengan cakupan 5%. Jadi, tidak semua model Mitsubishi laris juga.

Kedua, ada Toyota yang mengandalkan Avanza. Tapi, pada GIIAS 2018 ini, Avanza malah terkesan tersembunyi, di balik panggung utama stan pameran. Mendekam di ruang transaksi, dekat dengan akses ruang ganti Toyota Pretty, sehingga hanya bisa dilihat kalau Anda benar-benar mau beli mobil. Kalau sekadar lalu-lalang, sudah pasti kelewatan.

Baca juga: Harga Xpander Naik Terus, Konsumen Lirik Avanza Lagi

Toyota Avanza dengan fungsionalisasi untuk berkemah dipamerkan di GIIAS 2018 – dok.DETIK.com

Dalam keterangan resminya, Toyota juga kompak, masih menyembunyikan hasil penjualan Avanza, model terlarisnya. Toyota cuma mengaku, berhasil menjual 6.022 unit mobil, di mana 61% alias 3.662 unit, disumbang dari spesies MPV. MPV di sini, isinya ada Calya, Avanza, Sienta, dan Innova. Jadi, jelas penjualan Avanza di GIIAS 2018, tersembunyi, sesuai konsep pameran.

“Avanza sengaja kami taruh di sini (belakang panggung) karena guna mendekatkan diri ke konsumen. Tema camping seperti ini, cocok buat keluarga yang mau berlibur,” kata Henry Tanoto, Wakil Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM), waktu berbincang dengan Motoris, soal tersembunyinya Avanza di stan pameran, belum lama ini.

Ertiga dan Xenia

Model selanjutnya, diwakili oleh Suzuki Ertiga yang baru beberapa bulan meluncur generasi terbarunya, tepatnya di IIMS 2018, April lalu. Berjualan di lokasi yang sama, ICE, BSD, Tangerang, PT Suzuki Indomobil Sales mengaku berhasil menjual 2.223 unit selama pameran.

Model terlaris, tentu saja generasi baru Ertiga, dengan sumbangan 659 unit. Mirisnya, baru hitungan bulan setelah Ertiga baru meluncur, Suzuki harus merangsang penjualan lewat program e-money (kartu pembayaran elektronik) Rp 1,5 juta, bagi setiap konsumen yang mau tukar-tambah Ertiga lawasnya dengan yang baru. Meski bukan diskon murni, tapi duit elektronik ini, semacam bukti kalau Suzuki enggak pede dengan Ertiga baru.

Baca juga: Miskin Model Baru, Daihatsu Menjemukan di GIIAS 2018

Daihatsu gemar memasarkan model dengan jargon edisi spesial di GIIAS 2018, salah satunya Ayla. dok. ADMModel terlaris kedua, ada Ignis yang masih diimpor utuh (CBU) dari India, padahal Suzuki punya pabrik besar di Indonesia, dengan kapasitas total 240.000 unit per tahun. Penjualan city car ini, 447 unit, disusul Baleno hatcback 338 unit, sisanya APV, SX4 S-Cross, Karimun Wagon R, Grand Vitara, dan pikap Carry.

Paling miris, justru datang dari produsen Avanza, yakni PT Astra Daihatsu Motor. Daihatsu yang mengandalkan Xenia-saudara kembar Avanza-malah nyaris tidak terdengar bunyi jualannya. ADM bahkan, mengaku kalau penjualannya di GIIAS 2018, turun 8% dari acara sama tahun sebelumnya.

Total penjualan Cuma 716 unit, dengan sumbangan terbesar dari Terios 36 %, Sigra 18%, sedangkan Xenia Cuma 13% alias (93 unit), dan Ayla 13 % juta. Sisanya, Gran Max pikap, minibus, Luxio, Sirion, dan Hi-Max menyumbang total 20 %.

“Kami bersyukur untuk apresiasi pengunjung yang positif terhadap booth Daihatsu di GIIAS 2018, walaupun capaian pemesanan kendaraan sedikit menurun apabila dibandingkan dengan GIIAS tahun lalu,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM). (sna)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-MIskin Model Baru, Daihatsu Menjemukan di GIIAS 2018.

CATEGORIES
TAGS
Share This