Wajib B20 Berlaku, Ada Sanksi Bagi Penjual Solar Murni

Wajib B20 Berlaku, Ada Sanksi Bagi Penjual Solar Murni
Ilustrasi - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Pemerintah akhirnya resmi merilis mandatori perluasan solar bercampur minyak sawit 20% alias B20, pada Jumat (31/8/2018). Dengan demikian, biodiesel tersebut wajib dikonsumsi oleh semua kendaraan non public service obligation (PSO) yang bermesin diesel.

Menteri Koordinator Bidang Peekonomian, Darmin Nasution mengatakan target utama kebijakan ini adalah memacu penggunaan B20 oleh beberapa segmen yang belum optimal. Sektor-sektor itu antara lain transportasi non PSO, industri, pertambagan, dan kelistrikan.

Menurut Darmin, perluasan B20 untuk kendaraan non PSO mempunyai tiga tujuan, yakni menekan impor bahan bakar minyak, menurangi defisit, serta menghemat devisa. Karena itu, efektif mulai 1 September 2018 sudah tidak akan ada lagi peredaran soler murni tanpa bercampur biodiesel.

“Pencampuran bahan bakar solar dengan B20 sebelumnya telah dimulai pada 2016, namun saat itu penerapanya belom optimal. Karena itu, diharapkan mandatori ini menjadi titik tolak pemanfaatan biodiesel B20 pada semua sektor secara menyeluruh,” paparnya dalam siaran pers Menko Perekonomian, Sabtu (1/9/2018).

Untuk proses pencampuran B20 akan langsung ditangani Badang Usahan Bahan Bakar Minyak (BU BBM) sebagai penyedia solar dan Badan Usaha Bahan Bakar Nabati (BU BBM) yang akan memasok FAME dari minyak kelapa sawit.

Darmin menegaskan akan ada sanksi berat bagi badan usaha bahan bakar minyak yang masih diketahui memasarkan solar murni di pasaran.

“Apabila Badan Usaha BBM tidak melakukan pencampuran dan Badan usah BBN tidak menyuplai FAME ke BU BBM akan dikenakan denda cukup berat, yakni Rp 6.000 per liter. Nantinya produk BO hanya untuk Pertadex atau diesel premium saja,” ujarnya.

Meski demikian, ada pengecualian penggunaan solar murni untuk beberapa perusahaan, seperti tambang Freeport yang berlokasi di ketinggian, pembangki listik dengan turbine aeroderivative, serta alat utama sistem senjata (Sql)

CATEGORIES
TAGS
Share This