Cermati, Ini Kelanjutan Aturan Nomor Ganjil Genap

Cermati, Ini Kelanjutan Aturan Nomor Ganjil Genap
Ilustrasi pemeriksaan kendaraan di wilayah yang diberlakukan kebijakan pelat nomor ganjil-genap- dok.Sindonews.com

Jakarta, Motoris – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali meluncurkan Peraturan Gubernur (Pergub) baru yakni Pergub Nomor 92 Tahun 2018 tentang penerusan pembatasan lalu lintas dengan metode perluasan ganjil-genap di jalan arteri. Lanjutan kebijakan pasca penerapan aturan pelat nomor kendaraan ganjil-genap saat Asian Games itu memuat modifikasi dari aturan lama.

Seperti diketahui, saat evaluasi akhir menjelang penutupan Asian Games 2018, Pemprov melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memutuskan untuk melanjutkan ganjil genap di jalan arteri karean dinilai memberikan dampak positif. Namun, dalam Pergub yang baru ini hanya ada 10 ruas jalan arteri yang terkena dampak ganjil genap.

Ke-10 jalan arteri tersebut adalah jalan Medan Merdeka Barat, M.H Thamrin, Jenderal Sudirman, Gatot Subroto, sebagian S Parman yaitu mulai dari Simpang Jalan Tomang Raya sampai Simang Jalan KS. Tubun, kemudian Jenderal MT Haryono. Lainnya adalah, jalan DI Panjaitan, Ahmad Yani, serta jalan Benyamin Sueb yakni mulai dari Bundaran Angkasa sampai Kupingan Ancol.

Sedangkan untuk jalan Metro Pondok Indah sudah tidak lagi diberlakukan ganjil genap mengingat kawasan tersebut nantinya tidak dilintasi atlet Asian Para Games 2018. Sementara untuk Benyamin Sueb, akan diberlakukan gajil genap kempali pada 1-13 Oktober 2018 mendatang.

Ilustrasi penerapan kebijakan pelat nomor ganjil genap – dok.Poskotanews.com

Selain itu, peraturan ganjil-genap pasca Asian Games juga sudah tidak diberlakukan pada segmen persimpangan terdekat sampai dengan pintu masuk tol dan segmen pintu keluar tol sampai persimpangan terdekat. Artinya saat masuk dan keluar tol dekat dengan wilayah ganjil genap maka aturan tersebut tidak berlaku.

Waktu pemberlakuan kebijakan tersebut tetap sama dengan sebelumnya yaitu mulai pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB, dari Senin sampai Jumat. Untuk Sabtu dan Minggu tidak lagi berlaku, termasuk libur nasional yang ditetapkan oleh Presiden.

Aturan anyar ini mulai berlaku efektif Senin 3 September 2018 sampai dengan 13 Oktober 2018 mendatang. Atau tepat setelah gelaran Asian Para Games 2018 usai. (Sql)

CATEGORIES
TAGS
Share This