Meski Murah, Daihatsu Ayla 1.0 D Manual Enggak Laku

Meski Murah, Daihatsu Ayla 1.0 D Manual Enggak Laku
New Daihatsu Ayla 1.0D transmisi manual - dok.Daihatsu.co.id

Jakarta, Motoris – Meski dibanderol murah yakni Rp 94.550.000, namun mobil murah ramah lingkungan (LCGC) Daihatsu Ayla tipe 1.0 D TM/T (transmisi manual) ternyata minim peminat alias kurang laku. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan sepanjang Januari-Agustus lalu tipe itu hanya laku 40 unit saja.

“Artinya, rata-rata setiap bulan hanya 5 unit saja. Ini sangat berkebalikan dengan tipe tertinggi yakni Daihatsu Ayla 1.2 R A/T DLX yang selama periode itu terjual 2.478 unit. Padahal selisih harganya lumayan jauh lebih mahal, Rp 148.250.000,” kata kolega Motoris di Gaikindo, saat dihubungi, Kamis (27/9/2018).

Menurut sang kolega, fakta ini merupakan cerminan dari perilaku konsumen Indonesia yang sudah menyadari pentingnya fitur. Mereka, kata dia, sudah cermat mengkalkulasi antara uang yang mereka belanjakan dengan kelengkapan barang yang didapatkan.

Maklum, Daihatsu Ayla yang mengusung mesin 1KR-DE DOHC tiga silinder segaris berkapasitas 998 cc itu juga minim fitur. Padahal, kalau merujuk definisi mobil murah, Ayla ini merupakan arti yang sesungguhnya.

Baca juga: Daihatsu Tiban Mitsubishi Lagi

FOLLOW IG @MotorisIndonesia dan TWITTER @MotorisID, buat update grafis otomotif terkini lainnya. “Yang Doyan Cafe Racer, Ni Barang Baru dari Royal Enfield.”

Mesinnya diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 65 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 86 Nm di putaran mesin 3.600 rpm. Tenaga ini disalurkan ke roda dengan menggunakan transmisi manual lima tingkat percepatan. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This