Hino Genjot Ekspor, Mitsubishi Fuso Boro-boro

Hino Genjot Ekspor, Mitsubishi Fuso Boro-boro
Logo Hino di sebuah diler Hino di Jakarta Utara - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Pemerintah terus mendorong industri otomotif di Indonesia untuk menggenjot ekspor produk mereka demi memperbesar pundi-pundi devisa, termasuk merek kendaraan komersial. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo) mencatat PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) telah melakukannya, sedangkan Mitsubishi Fuso Indonesia, boro-boro alias nihil.

“Dari catatan Gaikindo, sepanjang tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya, baru Hino yang melakukan ekspor. Sedangkan, merek lain, termasuk Mitsubishi Fuso belum ekspor,” tutur kolega Motoris di asosiasi saat dihubungi, Rabu (10/10/2018).

Menurutnya, ekspor kendaraan bermotor segmen komersial ini perlu didorong dan difasilitasi pemerintah. Misalnya, dengan kemudahan prosedur ekspor dan insentif fiskal.

“Sebab, saat ini kontribusi ekspor kendaraan komersial masih terbilang kecil. Sepanjang Januari-Agustus lalu total ekspor kendaraan komersial baru 1,1% atau hanya 1.785 unit dari total ekspor kendaraan kita di periode tersebut, yakni 161.120 unit,” paparnya.

Baca juga: Segmen Truk Menengah dan Berat Fuso Diasapi Hino

Ilustrasi, truk ringan Hino – dok.Motoris

Pernyataan ini diamini Division Head Corporate and External Affairs HMMI, Bagas Krishnamurti. Menurutnya, selama ini truk-truk Hino sudah diekspor ke Filipina dan Vietnam. “Sedangkan ke depan, kami akan mengekspor 3.000 unit truk ke negara-negara di wilayah Afrika. Total ada sembilan negara yang direncanakan menjadi tujuan ekspor,” ungkapnya saat dikonfirmasi.

Saat ini, pabrik HMMI di Purwakarta, Jawa Barat yang memiliki kapasitas terpasang produksi 75.000 unit per tahun baru memproduksi 36.000 – 48.000 unit per tahun. Artinya, kapasitas produksi untuk ekspor juga masih sangat tinggi.

Sementara itu, Direktur Marketing Mitsubishi Fuso Truck & Bus PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Duljatmono, yang dikonfirmasi melalui pesan elektronik hingga berita ini diturunkan masih belum memberi jawaban. Pesan telah terbaca namun jawaban tiada.

Data Gaikindo menunjukan, di rentang waktu Januari-Agustus Mitsubishi Fuso mendatangkan 14 truk CBU ke Tanah Air, dan ekspornya masih nihil. Padahal, Fuso yang punya julukan “si kepala kuning” ini sudah puluhan tahun menikmati pasar domestik sebagai pemimpin pasar, tapi urusan ekspor sepertinya masih belum jadi perhatian. (Ara)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia dan TWITTER @MotorisID, buat update grafis otomotif terkini lainnya. “Mesin cuma 1.3L, Jeep Renegade Anyar Lebih Bertenaga.”

 

CATEGORIES
TAGS
Share This