Tampang Camry Asean Biasa, Harganya Saja yang Gila

Tampang Camry Asean Biasa, Harganya Saja yang Gila
Toyota Camry terbaru diluncurkan di Thailand - dok.AutoIndustriya.com

Jakarta, Motoris – Toyota melepas generasi kedelapan sedan Camry di Thailand, setelah merilis mobil ini di Jepang, Australia, da Amerika Utara tahun lalu. Kalau sudah dirilis di Thailand, besar kemungkinan mobil ini segera dilepas di Indonesia, lantaran kita tahu Thailand adalah pemasok sedan beragam model untuk pasar Indonesia.

Kita juga bisa menduga spek Camry Indonesia tak jauh berbeda dari Thailand. Di Negeri Gajah Putih, terdapat empat varian Camry, yakni 2.0 G AT, 2.5G AT, 2.5 HV AT, dan 2.5 HV Premium AT. Harganya mulai 1,45 juta bath atau Rp 637 juta dan varian tertinggi HV Premium AT 1,79 juta bath atau Rp 814 juta.

Bisa dibilang itu harga yang gila untuk sesosok sedan menengah. Bisa dibayangkan jika mobil ini masuk Indonesia. Ceritanya bisa seperti C-HR yang di-bully habis lantaran harganya selangit.

Kita bicara mesin dulu. Seperti dilansir Paultan, belum lama ini, varian 2.0G AT memakai mesin 2 liter NA, empat silinder, 164 Hp dan torsi 199 Nm, yang dipasangkan dengan transmisi otomatis enam speed. Lanjut ke varian 2.5G AT yang memakai mesin 2,5 liter NA, VVT-iE, 206 Hp dan torsi 250 Nm, dengan transmisi otomatis delapan speed, penggerak roda depan.

Mesin Toyota Camry terbaru – dok.AutoIndustriya

Varian terakhir, 2.5HV AT dan 2.5 HV Premium AT, memakai sistem hybrid, dengan mesin bensin 2,5 liter, 175 Hp dan torsi 221 Nm dan motor listrik bertenaga 120 Hp dan torsi 202 Nm. Tenaga gabungan mencapai 208 Hp.

Toyota Hybrid System II (THS II) di dua varaian itu memakai transmisi CVT dan baterai nikel hidrida 6,5 Ah, yang ditempatkan di bawah jok belakang. Sasisnya sudah Toyota New Global Architecture (TNGA), yang membuat jarak sumbu roda lebih panjang 50 mm menjadi 2,825 mm. Panjang naik 35 mm menjadi 4.885 mm, lebar naik 15 mm menjadi 1.840 mm, dan lebih pendek 25 mm menjadi 1.445 mm). Semua varian dapat suspensi MacPherson struts di depan dan double wishbone di belakang

Lampu depan, belakang, dan DRL sudah LED. Varian bawah memakai pelek 16 inci, sedangkan hybrid 17 inci. Di dalam, ada delapan pengaturan jok depan elektrik, jok dilapisi kulit, wireless charger, keyless entry and start, rear sunshades, dan panel instrumen 7 inci untuk hybrid dan 4,2 inci untuk varian di bawahnya.

Semua varian dibekali tujuh kantong udara, kecuali 2.5 HV Premium AT mendapat sembilan. Fitur keselamatan meliputi VSC, traction control, ABS, EBD, BA, blind spot monitor, rear cross traffic Alert, and hill-start assist control.

Interior Toyota Camry terbaru – dok.AutoIndustriya

Bagaimana dengan tampang? Ya Motoris menyadari ini soal selera. Tapi, penilaian Motoris, muka sedan ini biasa saja. Lebih bagus Camry varian XSE V6 yang dijual di AS. Camry Asean mengadopsi tampang Camry Jepang dan varian L dan LE di AS.

Lihat tuh mukanya yang datar-datar saja. Grille yang terdiri atas beberapa bilah hitam ditaruh di bawah, sedangkan lampu kabutnya sangat kecil dan nyaris tak terlihat. Terus terang, Auris anyar jauh lebih ganteng dari barang ini.

Tampang ini sangat berbeda jauh dari Camry AS varian XSE V6, yang memakai grille besar mirip mobil keluaran Lexus, yang biasa disebut spindle grille. Bentuknya seperti huruf X yang berpadu apik dengan cetakan di dekat kap mesin yang mengapit logo Toyota. Grille ini sangat serasi dengan bentuk lampu. Di kanan kiri bawah, ada lekukan tajam, sehingga mobil terlihat lebih agresif.

Tampilan belakang Toyota Camry terbaru – dok.AutoIndustriya

Samping Camry Asean juga biasa saja, begitu pula dengan bentuk peleknya. Bandingkan dengan Camry AS yang memakai pelek hitam dengan profil ban tipis.

Bokong juga ya so so-lah. Anda bisa nilai sendiri bentuk lampunya yang sedikit besar. Ada sedikit lekukan di penutup bagasi atas. Lalu di bawah, ada plastik hitam dan mata kucing yang bentuknya biasa saja.

Tetapi, seperti dalil awal, soal selera, susah diperdebatkan. Kita tunggu saja kapan sedan ini dirilis di Indonesia. (gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS