Penjualan Mobilio Ketinggalan, Honda Masih Saja Kepedean

Penjualan Mobilio Ketinggalan, Honda Masih Saja Kepedean
New Honda Mobilio - dok.Otospirit.com

Tangerang, Motoris – PT Honda Prospect Motor (HPM) masih percaya diri dengan penjualan Mobilio meski para pesaingnya telah membukukan penjualan jauh di atasnya. Bahkan, ketika mobil sejuta umat kembar – Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia – versi baru sudah siap meluncur mulai Januari 2019 mendatang.

Menurut Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, Jonfis Fandy, hingga kini pihaknya belum memiliki rencana untuk menggelontorkan Mobilio versi anyar. Meskipun, dia juga tidak menampik kemungkinan kemunculan generasi terbaru Mobilio bakal meluncur 2019, mengingat Brio-yang menggunakan platform sama-sudah meluncur 2018 ini.

“Belum ada, karena kita pada 2017 sudah melakukan penyegaran secara facelift. Tetapi, belum tahu juga (di 2019), ditunggu saja,” kata dia BSD, Tangerang, Minggu (2/12/2018).

Jonfis menyebut, hingga saat ini penjualan low MPV Honda itu masih oke dengan volume rata-rata 2.000 unit saban bulannya. Bagi dia angka itu cukup tinggi mengingat saat ini persaingan di segmen pasar mobil keluarga low multi-purpose vehicle (LMPV) itu sangat ketat.

Baca juga: Tanpa Diskon Jumbo, Honda Susah Jual Mobilio dan BR-V

CLICK FOR MORE…

Jika rata-rata per bulan 2.000, artinya total penjualan Honda Mobilio dari Januari-Oktober sekitar 20.000 unit.Padahal, seperti disebut dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang rentang waktu itu, Toyota Avanza terjual 67.940 unit, Mitsubishi Xpander terjual 66.125 unit, Daihatsu Xenia 25.728 unit.

Sedangkan Suzuki All new Ertiga yang diluncurkan bulan Mei, hingga Oktober atau enam bulan terjual 15.265 unit. Atau rata-rata per bulan, sekitar 2.544 unit terjual. Jumlah itu masih di atas penjualan Honda Mobilio yang diklaim Jonfis.

Jonfis bahkan meyakini situasi yang selama ini disebutnya sebagai kemungkinan euforia – karena kehadiran versi dan model baru low MPV – bakal mereda. Kini, lajut Jonfis, pasar sudah kembali normal.

“Konsumen sekarang sudah balik lagi ke yang rasional. Mereka menyadari bahwa hanya euforia saja, dan sekarang sudah balik lagi yang menginginkan mobil keluarga itu bukan sekedar tampilan, tetapi produk dan aftersales-nya juga,” kata dia. (Kpr)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This