Trio Andalan Honda Ini Boncos di November

Trio Andalan Honda Ini Boncos di November
Honda Mobilio RS - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang November kemarin Low MPV Honda Mobilio hanya membukukan penjualan sebanyak 837 unit atau merosot hingga 712 unit dibanding penjuakan bulan sebelumnya yang sebanyak 1.549 unit. Soal penjualan di segmen pasar Low MPV, andalan Honda ini berada di urutan kelima.

Namun, Moiblio bukanlah satu-satunya model Honda yang boncos selama November. Saudaranya, Honda BR-V, penjualannya juga ambles di bulan kesebelas tersebut. Data internal PT Honda Prospect Motor (HPM) menunjukan – mobil yang diklaim sebagai compact crossover ini – hanya terjual 316 unit. Padahal sebelumnya terjual sebanyak 404 unit.

Nasib yang sama dialami Low SUV Honda HR-V, khususnya tipe tertinggi yakni New HR-V 1.8L. Di November, HPM hanya mampu melego 112 unit. Atau menciut 143 uit dibanding penjualan Oktober yang sebanyak 255 unit.

Meski penjualannya babak belur, Honda terkesan berusaha menutupinya dengan ungkapan yang bernada percaya diri soal Mobilio.

Memang sudah waktunya BR-V dapat penyegaran tampilan, sama seperti Mobilio pada 2017 lalu – dok.Hallohonda.com.jpg

“Permintaan Mobilio per bulannya masih di angka 2.000-an unit, dan pasarnya juga masih bagus,” kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, Jonfis Fandy, di BSD, Serpong, belum lama ini.

Di segmen pasar Low MPV, Mobilio juga sudah mulai tertatih mengejar ketertinggalan penjualan. Jika rata-rata penjualannya saban bulan hanya 2.000 unit seperti klaim Jonfis, selisih penjualannya dibanding para lawan terpaut signifikan.

Fakta ini terungkap di data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Catatan penjualan yang dimiliki asosiasi industri kendaraan bermotor ini menyebut, di rentang waktu Januari-Oktober Toyota Avanza – yang merupakan lawan Mobilio di segmen ini – terjual 67.940 unit, Mitsubishi Xpander 66.125 unit, Daihatsu Xenia 25.728 unit.

Ilustrasi Honda HR-V – dok.Istimewa

Sedangkan Suzuki All new Ertiga yang diluncurkan bulan Mei sampai bulan kesepuluh itu terjual 15.265 unit. Artinya, rata-rata penjualan Low MPV Suzuki itu saban bulannya 2.544 unit terjual. Jumlah itu masih di atas penjualan Honda Mobilio yang diklaim Jonfis. (Kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This