Sirion Baru pun Tak Mampu Tahan Ambrolnya Penjualan

Sirion Baru pun Tak Mampu Tahan Ambrolnya Penjualan
Daihatsu All New Sirion - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan sepanjang Januari-November city car andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Daihatsu Sirion , hanya terjual 1.249 unit atau ambrol 25,88% dibanding rentang waktu yang sama tahun lalu. Padahal, selama ini Sirion yang dijajakan sudah berlabel All New dengan target yang dibidik adalah pemula alias first jobber.

Data Gaikindo juga memberitahu kita, selama 11 bulan pertama itu, penjualan Sirion hanya mampu bercokol di urutan keempat dari seluruh city car yang dipasarkan di Indonesia. Dia berada di belakang Suzuki Ignis, Honda Brio RS, serta Datsun.

Padahal, saat ditanya media di sela peluncuran All New Sirion, di Gandaria City, Jakarta, Selatan, Selasa (13/2/2018) Direktur Marketing ADM Amelia Tjandra menyebut pihaknya tak muluk-muluk mematok target penjualan Sirion anyar itu. Cukup 200 unit saja saban bulannya.

“Target hanya ingin mempertahankan pasar yang sudah ada,” kata dia.

Daihatsu All New Daihatsu Sirion – dok.Mobil123.com

Jika ditarget saban bulan 200 unit, artinya dalam 11 bulan sudah terkumpul 2.200 unit. Nyatanya, di tataran penjualan dari pabrik ke diler alias wholesales selama Januari-November target itu. Penjualan ritel pun setali tiga uang. Jualan secara kumultaif tetap ambrol seperti tahun sebelumnya.

Lantas, apa yang menjadikannya sepi dari peminat? Padahal, seperti yang diungkapkan Amelia, Sirion memiliki keunggulan komparatif yang cukup.

Dia tak cuma memiliki tampilan yang cukup oke, tetapi juga dari aspek teknis yakni mesin yang kubikasinya 1,3 lter tapi irit bahan bakar. Sedangkan rata-rata pesaingnya dimodali mesin 1,2 liter.

Pemula
Apakah target pasar yang dibidik tak sesuai? Sulit untuk menebak-nebak. Fakta empiris membuktikan perilaku dan rasionalitas konsumen lebih banyak subyektif. Loyalitas, persepsi, dan kemampuan finansial menjangkau sebuah brand juga ikut menentukan.

Tapi yang pasti, Executive Officer Research & Development Pradipto Sugondo menegaskan segmen pasar yang dibidik adalah first jobber dan keluarga muda alias pemula. “Target kami adalah first jobber dan keluarga muda, atau mereka yang akan atau baru berkeluarga,” ucap pria yang akrab disapa Dipto itu, di tempat yang sama.

Daihatsu All New Sirion saat diluncurkan – dok.Kompas.com

Sedangkan jika dilihat dari harga – varian transmisi manual Rp 182.500.000 dan varian transmisi otomatis Rp 193.500.000 on the road DKI Jakarta, – juga tak selisih jauh dengan para pesaing. Artinya, peluang bagi semua orang – secara finansial – untuk menjangkaunya juga tak terlalu sulit.

Fakta juga berbicara, sepanjang 2017 lalu penjualan Sirion ambrol dibanding tahun 2016. Jika tahun 2016 masih bisa membukukan penjualan sebanyak 2.950 unit, di tahun 2017 hanya 1.790 unit. Artinya longsor sudah terjadi di tahun itu. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This