Target Meleset, Pangsa Pasar Wuling Kurang dari 1,5%

Target Meleset, Pangsa Pasar Wuling Kurang dari 1,5%
Wuling Cortez paling banyak dicoba pengunjung selama perhelatan GIIAS 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan PT SGMW Indonesia atau Wuling Motors Indonesia sepanjang tahun ini diperkirakan meleset dari target yang dipatok sebelumnya yakni 30.000 unit. Raihan pangsa pasarnya pun diperkirakan hanya berada di kisaran 1,3-1.5%.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperlihatkan, di rentang waktu Januari-November lalu, total penjualan (wholesales) Wuling yang terdiri dari Wuling Confero, Wuling Cortez, dan Wuling Formo – hanya 14.677 unit. Sedangkan penjualan ritelnya 13.808 unit.

Artinya, rata-rata saban bulannya, penjualan dari pabrk ke diler atau wholesales hanya 1.334 unit. Sehingga, jika ditambahkan penjualan di Desember dengan asumsi penjualannya juga 1.334 unit, maka total wholesales di sepanjang 2018 hanya 16.001 unit saja.

Sekadar catatan, penjualan seluruh kendaraan bermotor roda empat tahun ini diperkirakan mencapai 1,1 juta unit. “Tahun ini diprediksi kuat penjualan bisa mencapai 1.1 juta unit atau lebih sedikit,” tutur Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Wuling Confero di booth Wuling di GIIAS 2018 – dok.Motoris

Sementara, penjualan ritel – dengan total 13.808 selama Januari-November – maka rata-rata per bulan sebanyak 1.255 unit. Dengan demikian, jika ditambahi penjualan Desember dengan asumsi jumlahnya sama dengan rata-rata saban bulan, maka total penjualan ritel sepanjang 2018 hanya 15.063 unit.

Namun, menariknya penjualan ritel di kurun waktu 11 bulan di tahun ini merupakan 94,08% dari wholesales. Artinya, penyerapan unit-unit yang ditawarkan Wuling Maotors di rentang waktu itu terserap oleh konsumen.

Sebelumnya, Vice President VSSM Wuling Motors Cindy Cai kepada wartawan seusai peresmian harga Cortez di Jakarta, Kamis (8/2/2018), mengatakan membidik target penjualan sebanyak 30 ribu unit kendaraan sepanjang tahun 2018 melalui dua model kendaraan penumpang serbaguna (MPV) Confero dan Cortez.

Tampilan depan dari sudut kiri minibus Wuling Formo – dok.Motoris

“Pada tahun 2017 lalu, wholesales kami 5.050 unit. Jadi tahun ini 30.000 unit,” kata dia.

Pernyataan ini dipertegas Brand Manager Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani. Dian menyebut target 30.000 unit itu untuk seluruh model Wuling di Indonesia, yaitu Confero dan Cortez.

Sales 2018 itu 30 ribu unit untuk seluruh model,” ucap Dian. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This