Penjualan Tiga MPV Andalan Toyota Ambles di 2018

Penjualan Tiga MPV Andalan Toyota Ambles di 2018
Ilustrasi, Toyota Avanza - dok.istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang tahun 2018 kemarin penjualan varian Multi Purpose Vehicle (MPV) Toyota – kategori menengah ke bawah – yang merupakan segmen terbesar ambles. Kondisi ini berakibat melorotnya total penjualan Toyota di Indonesia.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan Penjualan dari pabrik ke diler (wholesales) Toyota Avanza hanya 82.167 unit atau ambles 29.35%. Toyota Innova menciut 3,47% dibanding tahun 2017, yakni dari 61.775unit di tahun lalu, menjadi 59.630 unit pada tahun 2018.

Tak hanya itu. Penjualan MPV Toyota di segmen LCGC pun juga mengalami longsor. Toyota Calya membukukan kemerosotan penjualan hingga 12,65%, yakni dari 73.236 unit menjadi 63.970 unit.

Walhasil, total penjualan seluruh varian Toyota di tahun lalu menciut 5,16%. Jika tahun sebelumnya masih sebanyak 371.332 unit, di tahun 2018 hanya 352.161 unit.

Toyota Calya, mobil LCGC -andalan Toyota – dok. autoindustriya.com

Soal penurunan ini, General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, menyebut ada berbagai faktor. Mulai dari sikap menunngu (wait and see) konsumen hingga pengetatan pembiayaan oleh lembaga pembiayaan (Leasing) menjadi penyebabnya.

“Kalau kita lihat di tahun 2018, banyak orang yang menahan belanja dulu. Di MPV memang kami belum ada model baru. Karena karakteristik customer itu selalu melihat tampilan (eksterior terutama) sebagai patokan. Kalau ada model dengan tampilan baru mereka akan melihat (dan membeli). Sementara di segmen LCGC (Calya), di tahun 2018 pembiayaan maupun bank sedikit selektif (memperketat pembiayaan) karena mencegah naiknya NPL (Non Performing Loan/ kredit macet),” papar Soerjo saat dihubungi Motoris, Selasa (8/1/2019) petang.

Innova, MPV medium Toyota yang didandani dengan karakter sporty- dok.Motoris

Sebagai bukti soal minat konsumen terhadap sesuatu yang baru itu, Soerjo menyodorkan contoh penjualan Toyota All New Rush. Low SUV Toyota ini membukukan kenaikan penjualan hingga 71%.

“Kenapa melonjak, karena All New Rush yang dinilai memiliki keunggulan lebih, hadir dalam tampilan desain baru yang menarik,” imbuh Soerjo. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This