Analis: Avanza Facelift Cuma Menang Harga dari Xpander

Analis: Avanza Facelift Cuma Menang Harga dari Xpander
Tampilan Avanza terbaru yang marak beredar di media sosial - dok. Istimewa

Jakarta, Motoris – Penilaian analis saham memang kejam. Tetapi, anggap saja ini sebagai bahan pertimbangan bagi pihak terkait.

Kali ini kita bicara soal Toyota Avanza facelift yang lagi ramai diberitakan media-media otomotif. Bagi dua analis CLSA, Handy Noverdanius dan Sarina Lesmina, sosok Avanza facelift kurang wow dibandingkan sang pendobrak, All New Rush. Ya wajar saja, yang satu facelift, satu lagi benar-benar gres alias all new..

Dari pengecekan dua analis itu di diler Toyota, harga Avanza facelift kemungkinan berkisar Rp 196-244 juta, naik Rp 5 juta dari barang lama. Harga ini lebih murah dari target operasi Mitsubishi Xpander yang beberapa kali sukses membabat Avanza dari sisi penjualan bulanan, yakni Rp 201-256 juta alias 2,5-5%.

Per November 2018, berdasarkan catatan Motoris, Avanza kembali bercokol di puncak gunung tertinggi segmen LMPV sekaligus menjadi mobil terlaris di Indonesia.

Mitsubishi Xpander – dok.MMKSI

“Booking Avanza facelift sudah dimulai dan peluncuran pertengahan Januari ini,” ujar keduanya dalam laporan riset, belum lama ini.

Bagi dua analis itu, Avanza menang dari sisi harga atas Xpander. Apalagi, citra merek Toyota di Indonesia sangat bagus dan memiliki jaringan penjualan dan purnajual luas milik mitra dealer, seperti milik Astra, Auto2000.

“Kami harap Avanza facelift dapat menahan kejatuhan penjualan Avanza yang telah berlangsung sejak 2017,” kata mereka.

Ya, kita tunggu saja benar atau tidak prediksi dua analis ini. Yang jelas, 15 Januari 2019, di hotel Fairmont, Jakarta, Avanza facelift akan meluncur. (Gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This