Kejar Avanza Sudah Pol-polan, Xpander Tetap Kedodoran

Kejar Avanza Sudah Pol-polan, Xpander Tetap Kedodoran
Tes tabrak Mitsubishi Xpandr GLS Manual oleh ASEAN NCAP, Januari 2018. (ASEAN NCAP/Youtube)

Jakarta, Motoris – Sejarah industri otomotif Indonesia mencatat sepanjang 2018 lalu pertarungan antara low MPV besutan Mitsubishi Motors yakni Mitsubishi – yang lahir sejak 2017 – dengan low MPV Toyota, Avanza begitu ketat. Namun, fakta berbicara meski telah habis-habisan ‘ngotot’ , namun Xpander tetap kedodoran alias masih tertinggal oleh Low MPV berjuluk “Mobil Sejuta Umat” itu.

Adalah data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang menjadi rujukan mengungkap fakta tersebut. Data menunjukan, hingga akhir tahun 2018 Xpander terjual 75.075 unit atau rata-rata 6.256 unit saban bulan.

Sementara di rentang waktu yang sama – yakni 12 bulan penuh di 2018 – Avanza terjual 82.167 unit. Jumlah ini setara dengan rata-rata 6.847 unit per bulan. Bandingkan! Padahal, Xpander relatif baru karena diluncurkan sejak 2017, sementara Avanza ( di tahun 2018) merupakan versi lama.

Sementara, jika dilacak rekam jejak – baik secara forensik digital maupun secara visual di media cetak – program promosi dan ganjaran penghargaan yang diterima Xpander juga banyak dan beragam. Program promosi yang cukup menggelegar sepanjang tahun adalah program XPANDER Tons of Real Happiness (ToRH).

Baca juga: Avanza Benamkan Xpander dengan Selisih 7.092 Unit

Ilustrasi Xpander dan Avanza – dok.Istimewa

Program yang mengumpulkan ribuan keluarga di Indonesia itu digelar sejak Juli 2018 – Januari 2019. Sedangkan jumlah penghargaan yang dikoleksi sudah bejibun. Tercatat, Sedikitnya 10 penghargaan yang diterima. Mulai dari 1st Winner Favorite Car di ajang GIIAS 2017 saat Low MPV ini diluncurkan.

Kemudian New Kid on The Road of The Year di ajang ICar Asia People’s Choice Awards 2017, Best Low MPV di ajang Otomotif Awards 2018, Best of The Best M{V di ajang Otomotif Awards 2018. Tak hanya itu, Xpander juga menerima Carvaganza Editor’s Choice Award 2018, dan disusul Car of The Year, Otomotif Awards 2018.

Berikutnya predikat Favorite Car by Survey juga diberikan di ajang Gridoto Award 2018, dan di ajang yang sama dia juga menerima penghargaan Best Small MPV. Bahkan, Xpander dianugerahi penghargaan Best Low MPV di ajang Indonesia Car of of The Year dari Majalah Mobil Motor.

Baca juga: Strategi Jebakan Avanza yang Bisa Bikin Keder Xpander

Belanja iklan
Mengkilapnya nama Xpander di jagat industri otomotif nasional juga tak lepas dari gencarnya iklan yang dilakukan. Hasil riset Sigi Kaca Pariwara yang dirilis akhir Oktober 2018 lalu membuktikan hal itu.

Hasil riset menunjukan, belanja iklan sektor otomotif sepanjang kuartal III 2018 atau Juli – September 2018 naik 26,72% year on year menjadi Rp 488,52 miliar. Dari nilai sebesar itu, Rp 105,45 miliar merupakan belanja iklan Xpander.

Sigi Kaca Pariwara juga mencatat, gelontoran belanja iklan Xpander di periode kuartal III 2017 atau sesaat menjelang peluncuran hingga setelah peluncuran juga menjadi yang terbanyak. Nilainya, Rp 39,60 miliar.

Baca juga: RCTI Dkk Adem Setelah Diguyur Mitsubishi Rp 105 Miliar

“Belanja iklan Xpander di kuartal III 2018 naik dua setengah kali dari belanja periode sama tahun lalu (2017),” bunyi siaran pers Sigi Kaca Pariwara.

Jadi jelas, urusan iklan untuk mempromosikan kehebatan dan ketangguhan maupun sederet keunggulan Xpander yang diklaim Mitsubishi juga tak main-main. Tentu, sederet program tersebut di luar pameran yang diikuti baik skala nasional maupun regional, atau bahkan lokal. (Fer/Ara)

 

Click me for more graphics…

CATEGORIES
TAGS
Share This