Kinerja Xenia dan Ayla Ambles di 2018

Kinerja Xenia dan Ayla Ambles di 2018
Daihatsu Xenia - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim telah berhasil mempertahankan peringkat dua dalam penjualan ritel dalam 10 tahun berturut-turut pada tahun 2018 kemarin dengan total 200.178 unit. Namun, dalam daftar itu terselip fakta penjualan ritel dua andalannya yakni Daihatsu Xenia dan Ayla justeru merosot.

Data PT ADM yang diperoleh Motoris, Selasa (22/1/2019) menunjukan, penjualan ritel Low MPV Daihatsu Xenia merosot dari 36.948 unit pad tahun 2017 menjadi 30.418 unit pada tahun 2018. Seiring dengan merosotnya penjualan ini, maka porsi kontribusi terhadap total penjualan model Daihatsu juga menciut dari 21% menjadi 15%.

Menciutnya penjualan juga terjadi dari pabrik ke diler di kurun waktu yang sama. Jika di tahun 2017 masih sebanyak 38.535 unit atau 21% dari total penjualan, menjadi 29.521 unit atau menjadi 15% dari total penjualan.

Sedangkan rekam jejak penjualan Daihatsu Ayla yang merupakan LCGC andalan PT ADM adalah sebagai berikut, secara ritel penjualan susut dari 27.587 unit atau 15% dari total penjualan ritel Daihatsu di tahun 2017 menjadi 25.587 unit atau 13% pada tahun 2018. Penyusutan juga terjadi dalam penjualan dari pabrik ke diler (wholesales).

Ilustrasi, Daihatsu Ayla – dok.Istimewa

Dalam penjualan ini, Ayla membukukan penyusutan dari 28.051 unit di tahun 2017 menjadi 26.952 unit. Sehingga porsi kontribusi terhadap total penjualan pun ikut kemois dari 15% menjadi 13%.

Data yang dilansir PT ADM juga menunjukan, penjualan ritel Daihatsu didominasi Daihatsu Sigra yang terjual 50.682 unit atau berkontribusi sebesar 25%. Penjualan yang cukup besar juga dicatatkan Gran Max pikap dengan total penjualan ritel 42.250 unit (21%), kemudian Daihatsu Terios mencapai 29.655 unit (15%).

Setelah itu, Gran Max (minibus) yang terjual 16.185 unit (8%). Sementara Luxio, Sirion & Hi-Max, mencapai 5.627 unit (3%). “Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia, sehingga Daihatsu kembali meraih posisi nomor dua di tahun 2018. Dengan pencapaian ini, Daihatsu mampu mempertahankan posisi nomor dua di pasar otomotif di Indonesia selama 10 tahun terakhir secara berturut-turut, dan catat penjualan tertinggi sepanjang sejarah Daihatsu di Indonesia,” tutur President Director PT ADM, Tetsuo Miura , dalam siaran pers, Selasa (22/1/2019). (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This