Walah, Penjualan Datsun Makin Parah

Walah, Penjualan Datsun Makin Parah
Ilustrasi, All New Datsun GO-Live Special Version di IMX 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Tren penjualan mobil murah ramah lingkungan atau yang biasa disebut LCGC yang dipasarkan Nissan, yakni Datsun – terdiri dari Datsun GO dan GO+ Panca – terus mengalami penurunan. Bahkan sepanjang 2018, kinerja penjualan Datsun makin parah, terburuk sejak tahun 2015.

Adalah data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan kinerja tersebut. Fakta berbicara, sepanjang tahun 2015 penjualan Datsun masih 29.358 unit, tahun berikutnya turun menjadi 26.043 unit.

Penurunan kembali terjadi di tahun 2017, sehingga menjadi 10.484 unit. Kemudian di 2018 kembali menciut dengan total penjualan 9.045 unit. Jumlah ini terdiri dari penjualan Datsun GO sebanyak 4.782 unit, dan GO+ 3.263 unit.

Meski penjualan Datsun di tahun 2018 itu masih lebih bagus dibanding Suzuki Wagon R yang cuma 4.564 unit. Masih masih tertinggal sangat jauh dibanding kompetitor lain.

Baca juga: Jualan Ambrol, Datsun Sodorkan Go-Live Spesial Rp 134 Jutaan

Ilustrasi, Datsun Cross, model andalan yang bukan menyasar segmen mobil murah (LCGC). dok. Datsun

Sebut sebagai contoh pembanding adalah LCGC Toyota Calya yang terjual 63.970 unit. Atau LCGC Daihatsu, yaitu Sigra yang laku 50.907 unit, Honda Brio Satya yang terjual 46.900 unit, dan Toyota Agya yang terlego 29.106 unit.

Bahkan penjualan Datsun itu masih jauh tertinggal dibanding LCGC Daihatsu lima tempat duduk yakni Ayla yang membukukan penjualan 26.952 unit. Sedangkan total penjualan LCGC di waktu itu sebanyak 230.444 unit.

Diler baru
Sementara itu, kabar terbaru dari PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menyebut, mengawali tahun 2019 ini, Nissan memperluas jaringan penjualan dan layanan purna jual dengan membuka gerai Nissan-Datsun terbaru di Alam Sutera, Tangerang Selatan. Diler anyar itu disebut telah menerapkan Nissan Retail Concept, yaitu sebuah konsep retail global Nissan.

Pada tahun 2019, Nissan mengaku akan terus memperkuat strategi pertumbuhannya dengan rencana tengah semester terbaru di Indonesia. Rencana itu termasuk meluncurkan berbagai inisiatif yang berfokus pada konsumen, peluncuran produk, dan perluasan jaringan.

Baca juga: MPM Resmi “Talak Tiga” Nissan & Datsun

“Pembukaan gerai baru ini mempertegas ambisi kami dalam memberikan pengalaman brand yang konsisten, unggul, dan berbeda dari yang lain pada setiap aspeknya, bersama dengan mitra diler kami, PT Jayatama Kencana Motor, semuanya dengan tujuan untuk menggerakan konsumen Indonesia ke arah yang lebih baik,” tutur Vice President Director of Sales and Dealer Network Development Nissan, Alan Caugant, dalam siaran pers, Jumat (25/1/2019).

Ilustrasi suasana di diler Nissan-Datsun – dok.Istimewa

Diler Nissan-Datsun Alam Sutera juga menyediakan beragam program penjualan dan purnajual produk-produk Nissan-Datsun, termasuk Nissan Terra dan Datsun Go live yang baru-baru ini diluncurkan. (Ara)

Click me for more cool graphics…

 

CATEGORIES
TAGS
Share This