Setelah Babak Belur, Honda Mobilio Akhirnya Melawan

Setelah Babak Belur, Honda Mobilio Akhirnya Melawan
Ilustrasi, Honda Mobilio RS - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Honda Prospect Motor (HPM) yang merupakan agen pemegang merek Honda di Indonesia dikabarkan segera meluncurkan versi terbaru Honda Mobilio. Penjualan low MPV Honda ini dalam beberapa tahun terakhir terus menurun, babak belur di tengah sengitnya persaingan.

Sinyalemen kehadiran Mobilio versi terbaru ini terungkap dari penjelasan seorang staf penjualan di diler Honda yang berada di kawasan Cikokol, Tangerang, saat berbincang dengan Motoris, Senin (18/2/2019). “Mobilio yang baru juga segera datang Pak. Kalau mau, boleh kita record dulu data bapak. Nanti Maret barang sudah ada di diler,” ungkap dia.

Informasi itu semakin menguatkan sinyalemen dari undangan yang dikirim HPM ke media untuk acara hari Kamis (21/2/2019) lusa. Kemungkinan besar, acara tersebut merupakan peluncuran Honda Mobilio versi paling gres.

Dan yang pasti, kalau Mobilio versi penyegaran datang, itu sudah saatnya. Sebab, para pesaing yang hadir dengan tampilan maupun fitur baru juga semakin trengginas terus menggempur pasar. Bahkan, hari ini, Selasa (19/2/2019) Nissan melalui PT Nissan Motor Indonesia menghadirkan kembaran Xpander, yakni Nissan “Xpander” Livina.

Ilustrasi, PT Suzuki Indomobil Sales melakukan strategi baru dengan menambahi fitur Suzuki All New Ertiga untuk menggaet calon pembeli di tengah persaingan yang sengit di segmen Low MPV- dok.PT SIS

Tak cuma itu. Jika ditelisik rekam jejak kinerja penjualan Mobilio dalam tiga tahun terakhis semakin merana. Merosotnya penjualan terus terjadi. Pesona yang mencorong saat pertama kali diluncurkan pada 2014 seakan musnah.

Data yang dilansir Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berbicara sepanjang tahun 2018 lalu, dengan sisa-sisa tenaga yang ada, Honda Mobilio telah terlempar ke posisi lima penjualan low MPV di Tanah Air. Dia berada di belakang Toyota Avanza, Mitsubisi Xpander, Suzuki Ertiga, dan Daihatsu Xenia.

Terus ambrol
Bahkan, kibaran bendera kejayaan Mobilio tak berlangsung lama. Empasan hawa panas persaingan yang ditiupkan para pesaing membuat andalan Honda itu mati angin setelah setahun muncul di pasar. Bendera pun beringsut dan tak berkibar lagi.

Lagi-lagi fakta berbicara. Saat diluncurkan penjualan Mobilio langsung membubung dengan volume penjualan 79.288 unit. Tapi di tahun berikutnya tiba-tiba menukik tajam, sehingga menjadi 42.932 unit.

Bahkan di dua tahun terkahir, yakni 2016 dan 2017, ‘musim gugur’ Mobilio masih berlanjut. Penjualan yang dibukukan hanya sebanyak 39.482 unit dan 35.430 unit.

Ilustrasi, Honda Mobilio sempat berjaya pada awal diluncurkan pada tahun 2014 dengan volume penjualan lebih dari 70.000 unit – dok. Istimewa

Tahun 2018 makin nelangsa. Dia hanya laku 24.373 unit alias longsor hingga 31,21% dari penjualan di tahun 2017. Pangsa pasarnya hanya 9,4%. Inilah sisa-sisa tenaga Mobilio menghadapi gempuran para pesaing. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This