Penjualan Honda Longsor 18,7%, CR-V Ditekuk Almaz

Penjualan Honda Longsor 18,7%, CR-V Ditekuk Almaz
Honda Mobilio versi baru diluncurkan di Jakarta, 21 Februari 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris –  Sepanjang dua bulan pertama tahun ini – yakni Januari dan Februari – penjualan (wholesales) mobil-mobil Honda secara kumulatif tercatat sebanyak 20.701 unit. Penjualan dari pabrik ke diler sebanyak ini ternyata longsor 18,7% dibanding yang terjadi di rentang waktu sama pada tahun 2018 lalu.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan wholesales Honda di Januari-Februari 2018 tercatat sebanyak 25.466 unit. Jumlah itu terdiri dari penjualan di Januari sebanyak 13.572 dan Februari 11.894 unit.

Sementara, dalam siaran pers, Senin (18/3/2019), Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, Jonfis Fandy mengaku penjualan setiap model yang dijajakan perusahaannya berada pada tren positif. Hal itu, kata Jonfis, tak lepas dari hadirnya versi anyar.

“Penjualan Honda di awal tahun ini menunjukkan trend yang positif, terutama karena didukung beberapa produk yang telah mengalami penyegaran seperti Honda Brio dan Honda Mobilio,” tutur Jonfis.

Soal penjualan di dua bulan pertama tahun ini, dia menyodorkan data  yang menunjukan All New Brio  menjadi  lokomotif penjualan dengan total penjualan sebanyak 12.477 unit, Rinciannya, Brio Satya terjual 9.486 unit dan Brio RS sebanyak 2.991 unit.

Honda Civic Turbo facelift diluncurkan – dok.Otospirit.com

Model lainnya, yakni Honda Mobilio terjual sebanyak 2.026 unit. Honda Jazz 986 unit, Honda HR-V 1.5L 828 unit, dan Honda  CR-V terjual 534 unit. Sedangkan sedan Honda New Civic Sedan terjual  116 unit.

Ditekuk  Wuling Almaz
Satu peristiwa menarik lainnya dari catatan penjualan Honda adalah, ditekuknya SUV Honda CR-V oleh pendatang baru yakni Wuling Almaz. Data Gaikindo menunjukan SUV Wuling yang dibanderol Rp 318,8 juta on the road Jakarta dan sekitranya itu selama Februari telah laku 586 unit.

Bahkan, seperti dinyatakan Brand Manager PT SGMW Motors Indonesia atau Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani, sejak diperkenalkan ke publik Indonesia 23 Januari hingga pekan kedua Maret 2019, pemesanan Almaz telah mencapai 1.200 unit lebih.

Pemesanan, kata Dian, terus mengalir karena begitu Almaz diluncurkan secara resmi 27 Februari lalu, Wuling Motors langsung bergerak cepat meluncurkan di daerah. Terlebih, harga yang dipatok juga sangat bersaing dibanding model sejenis dan sekelas.

Ilustrasi, Wuling Almaz  – dok.Motoris

“Kami langsung bergerak ke Bandung, Medan, Bali, Surabaya, Makassar, Palembang, dan Semarang. Pada saat peluncuran pemesanan langsung mengalir. Ini karena komunikasi yang begitu intensif soal kualitas dan tampilan Almaz dan direspon baik oleh masyarakat,” tutur Dian saat ditemi di sela tes drive Wuling Almaz di Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (12/3/2019) lalu. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This