Nissan Terra Belum “Bunyi” Hadapi Pajero Sport dan Fortuner

Nissan Terra Belum “Bunyi” Hadapi Pajero Sport dan Fortuner
New Nissan Terra yang diluncurkan di GIIAS 2018 bersanding dengan Nissan Terrano dan Nissan Patrol - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru Nissan yang dijajakan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) di Tanah Air, sepanjang tahun 2018 lalu sejatinya cukup lumayan. Meski baru empat bulan melenggang di pasar SUV, namun sudah masuk ke dalam 10 besar dengan total penjualan 793 unit (wholesales).

Namun, kesan pertama itu cepat pudar. Sebab, di awal tahun 2019 – yakni di Januari dan Februari – ternyata penjualannya justeru suram. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan sepanjang Januari, Terra hanya terdistribusi (wholesales) 144 unit. Bahkan bulan berikutnya ambrol.  Cuma terjual 44 unit.

Tentu penjualan sebanyak itu jauh dibanding para pesaing yang ditantangnya di segmen SUV high seperti Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Fakta berbicara, di Januari Pajero Sport terjual 1.561 unit. Sedangkan di bulan berikutnya – Februari – terjual 1.993 unit.

Sementara, meski tren penjualannya menurun di bulan kedua, namun volume penjualan Toyota Fortuner masih jauh di atas penjualan Nissan Terra. SUV Toyota itu laku 1.459 unit di Januari, dan sedikit ambles di Februari dengan total penjualan 1,309 unit.

Tapi, di sepanjang tahun 2018 lalu Fortuner menjadi juara penjualan SUV dengan total unit yang dilego sebanyak 21.459 unit. Adapun Pajero Sport menjadi juara kedua dengan total penjualan 21.029 unit.

Nissan Terra saat menjalani tes tabrakan dari depan atau frontal – dok.Asean NCAP

Sementara itu, Honda CR-V berada di urutan ketiga dengan penjualan sebanyak 14.565 unit, dan Honda HR-V 1.8L di urutan keempat karena membukukan penjualan sebanyak 4.281 unit. Di posisi kelima, ada Mazda CX-5 dengan penjualan 1.796 unit.

Adapun Nissan Terra berada di urutan kedelapan dengan total penjualan 793 unit.  Hanya, kendati telah masuk 10 besar, namun SUV ladder frame bermesin 2.5 liter itu masih belum “bunyi” menghadapi lawan khususnya Pajero Sport dan Fortuner di Indonesia. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This