Masih Kedodoran, DFSK Diduga akan Sodorkan SUV Baru

Masih Kedodoran, DFSK Diduga akan Sodorkan SUV Baru
SUV yang diduga sebagai Glory 560 yang akan diluncurkan di Indonesia oleh Dongfeng Sokon (DFSK) - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sebagai agen pemegang merek Dongfeng Sokon (DFSK) di Indonesia PT Sokonindo Automobile (DFSK) terlihat ingin memacu diri menjual mobil yang dijajakannya, khususnya varian Sport Utility Vehicle (SUV). Kabar terakhir yang beredar menyebut DFSK tengah menyiapkan model baru di varian SUV, yakni DFSK Glory 560.

Sebuah foto yang diperoleh Motoris, Jumat (22/3/2019) malam menunjukan DFSK Glory 560 – yang disebut-sebut sebagai “adik” dari Glory 580 – itu terparkir di sebuah tempat di Jakarta. Dari foto tersebut terihat tampilan SUV ini cukup oke, meski foto yang dikirim hanya menunjukan bagian belakang.

Glory 560 Turbo berkelir putih itu terlihat kekar yang merupakan ciri khas sebuah SUV dengan garis-garis tegas di bagian body. Sisipan kelir hitam di sejumlah bagian hadir untuk membuat tampilan tak monoton sekaligus mencuatkan kesan lebih kokoh.
Terlebih roof rail dan spoiler yang membuat gaya khas SUV terlihat semakin kuat. Kemungkinan besar mobil ini mengusung mesin 1,5 liter, hal ini terlihat dari emblem bertuliskan 1.5 Turbo.

Jika DFSK berusaha “ngegas” kinerjanya, itu wajar. Namun, menelisik fakta dan data yang ada, abng dari Glory 560 ini – yakni DFSK Glory 580 yang diperkenalkan di ajang Indonesia Inernational Motor Show (IIMS) 2018 dan diluncurkan resmi Juli 2018 – kinerjanya masih lemot. Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo) menunjukan sepanjang tahun 2018 lalu, penjualan SUV ini baru 614 unit.

Glory 580 di GIIAS 2018 – dok.Motoris

Itu pun wholesales. Artinya, distribusi atau memindahkan unit dari pabrik ke diler. Bahkan di dua bulan pertama tahun 2019 ini – yaitu Januari dan Februari – data Gaikindo kembali menyebut, wholesales Glory 580 cuma 259 unit dan ritelnya 242 unit.

Untuk mengukur kinerjanya ini, mari kita bandingkan dengan SUV yang dibesut oleh pabrikan asal Cina juga – PT SGMW Motors atau Wuling Motors – Wuling Almaz. SUV yang di Tanah Air diperkenalkan 23 Januari dan diluncurkan secara resmi 27 Februari itu, hingga di pekan kedua Maret sudah terpesan 1.200 unit lebih.

“Sampai hari ini (Rabu, 20 Maret 2019), bahkan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) sudah lebih dari itu. Kalau waktu kita ketemu – di sela acara tes drive Wuling Almaz di Tasikmalaya, Selasa 12 Maret – kan masih 1.200 unit lebih SPK, sekarang sudah bertambah dan lebih dari itu. Tapi angka persisnya musti saya cek. Yang pasti terus bertambah,” papar Brand Manager PT Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani, saat dihubungi Rabu (20/3/2019) malam.

Ilustrasi, Wuling Almaz – dok.Motoris

Almaz merupakan SUV medium Wuling bermesin 1.5 L Turbo dengan transmisi CVT 8 tingkat percepatan. SUV ini dibanderol Rp 318,8 juta on the road Jakarta (OTR). Sedangkan DFSK Glory 580 – yang ditawarkan dalam empat varian dengan pilihan mesin 1.5 dan 1.8 L bertransmisi manual dan otomatis CVT – saat diluncurkan dibanderol dibanderol Rp 245,9 – 308 juta. Harga tersebut OTR Jakarta. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This