Kuartal I: Toyota Juara , Wuling Menggelinding dan DFSK Tersengal

Kuartal I: Toyota Juara , Wuling Menggelinding dan DFSK Tersengal
SUV Glory 580 di GIIAS 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil di Indonesia sepanjang kuartal pertama – yakni dari Januari hingga Maret – tercatat sebanyak 253.863 unit dibanding kurun waktu yang sama tahun 2018. Fakta berbicara, Toyota masih berada di urutan pertama, Wuling masuk ke 10 besar dan Dongfeng Sokon (DFSK) ada di urutan 16.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan selama periode sama tahun lalu, penjualan sebanyak 292.031 unit. Data itu juga mengungkap, Toyota masih menjadi merek terlaris.

Toyota mengantongi penjualan dari pabrik ke diler (wholesales) sebanyak 77.266 unit dengan pangsa pasar 30,40%. Sedangkan dalam penjualan langsung dari diler ke konsumen, merek ini membukukan jumlah 76.082 unit atau 29,30% dari total penjualan seluruh merek.

Kendati begitu, penjualan Toyota itu ambles dibanding periode sama tahun lalu. Menurut Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto penjualan Toyota di rentang waktu itu turun sekitar 7%.

Toyota Avanza saat diajak melibas genangan air di Toyota Driving Experience – dok.PT TAM

“Tetapi masih lebih bagus ketimbang angka tren pertumbuhan total industri yang turun 13%. Avanza, Rush, Calya, termasuk Camry menjadi kontributor pertumbuhan ini,” ungkap Soerjo yang ditemui di Jakarta, Senin (15/4/2019) malam.

Urutan kedua ditempati Daihatsu dengan total wholesales 50.699 unit, yang disusul Mitsubishi dengan total penjualan 35.580 unit atau ambrol dari tahun lalu yang sebanyak 41.331 unit. Satu hal yang menarik, Wuling Motors menempati urutan ke sepuluh atau masuk 10 besar.

Merek asal China ini membukukan wholesales sebanyak 2.753 unit. Jumlah ini setara dengan 1,1% total penjualan seluruh merek di Indonesia.

Ilustrasi Wuling Cortez – dok.Motoris

Sedangkan rekan senegaranya, yakni DFSK, berada di urutan 16 dengan wholesales 431 unit, atau hanya 0,2% dari total pangsa pasar. Dalam penjualan langsung dari diler ke konsumen, merek ini hanya membukukan 343 unit atau cuma 0,1% dari total penjualan seluruh merek di Tanah Air. Nafas DFSK masih tersengal-sengal. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This