Wuling Almaz  Ngegas, Honda CR-V dan HR-V 1.8 Nyungsep

Wuling Almaz  Ngegas, Honda CR-V dan HR-V 1.8 Nyungsep
Wuling Almaz saat dites jalan di area pantai Pangandaran, Jawa Barat - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sejak hadir di Tanah Air secara resmi pada 27 Februari lalu, SUV Wuling Almaz langsung “tancap gas” mengejar penjualan. Walhasil, hingga akhir Maret lalu – atau sekitar dua bulan sejak diperkenalkan pada 23 Januari – SUV ini sudah terjual 983 unit.

Data tersebut merupakan angka penjualan yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Data juga berbicara, pada saat yang sama (secara jumulatif dari Januari – Maret), Almaz telah menggeser posisi Honda HR-V 1.8 yang terjual 473 unit.

Bahkan, jauh menungguli Mazda CX-5 yang membukukan penjualan 476 unit. SUV pertama yang digelontorkan Wuling Motors Indonesia itu bahkan unggul jauh ketimbang SUV Nissan Terra (yang terjual hanya 302 unit), dan DFSK Glory 580 yang entah bagaimana kabarnya.

Ilustrasi, Honda HR-V Facelift untuk pasar Thailand – dok.Istimewa

Bahkan jika diamati dengan teliti, SUV medium yang disebut-sebut menjadi bidikan Wuling Almaz – karena Almaz juga diposisikan sebagai SUV medium – yakni Honda CR-V juga ‘nyungsep’ di rentang waktu Januari hingga Maret. SUV andalan PT Honda Prospect Motor itu terjual 1.800 unit.

Padahal, di kurun waktu yang sama CR-V masih membukukan penjualan sebanyak 1.900 unit. Tak hanya Honda CR-V saja yang nyungsep di periode itu, penjualan Honda HR-V di periode itu juga rontok.

Sebab, selama Januari – Maret tahun 2018, dia masih terjual sebanyak 1.248 unit. Adapun Mazda CX-5 meski membukukan kenaikan penjualan, yakni dari 442 unit di tiga bulan pertama 2018 menjadi 476 unit di tahun 2019 ini, namun masih tertinggal jauh dibanding Almaz.

Membandingkan Wuling Almaz dengan Honda CR-V dan Honda HR-V itu cukup beralasan. Sebab, dari product positioning product, Almaz sekelas dengan Honda CR-V di segmen SUV medium. Bahkan dengan Mazda CX-5. Namun dari segi harga, dia “beririsan tipis” dengan Honda HR-V.

New Nissan Terra yang diluncurkan di GIIAS 2018. salah satu model andalan Nissan Motor Indonesia – dok.Motoris

Menyinggung soal penjualan Almaz yang cukup cemerlang di kuartal awal 2019 ini, Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani menyebut hal itu tidak lepas dari keunggulan yang ditawarkan pabrikan asal Cina tersebut. Almaz memiliki kualitas yang bagus plus fitur terkini. Harganya pun (untuk Jakarta dan sekitarnya Rp 318,8 juta on the road), diklaim sangat kompetitif di segmen SUV medium.

“Terlebih brand awareness Wuling di masyarakat semakin kuat, seiring dengan pengembangan jaringan diler yang kami lakukan. Sehingga sampai akhir Maret sudah terpesan lebih dari 2.000 unit,” kata Dian saat dihubungi, Selasa (23/4/2019). (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This