Honda BR-V Versi Baru, Cuma Segitu Doang?

Honda BR-V Versi Baru, Cuma Segitu Doang?
Honda BR-V versi facelift atau versi baru diluncurkan di IIMS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan versi facelift Honda BR-V di hajatan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 dengan banderol baru, Rp 252,5 – 279,5 juta. Namun, ubahan minor yang dilakukan Honda di BR-V ini terbilang biasa-biasa saja alias tak ada yang istimewa dan menjadikannya wah dibanding pesaing.

“Ya, kalau kita bicaranya dalam konteks pasar, berarti bandingannya dengan pesaing. Bukan membandingkan dengan dirinya sendiri. Kalau dengan dirinya sendiri ya pasti ada perubahan dong, namanya juga facelift. Tapi kalau dibanding pesaingnya, ini biasa-biasa saja,” tutur salah seorang pengunjung booth Honda di IIMS 2019, Helmi Yacob, saat ditemui, Selasa (30/4/2019).

Helmi yang juga karyawan sebuah perusahaan sekuritas ini mengaku sebagai pengguna SUV Honda CR-V dan hatchback Honda Jazz. Sehingga, kata dia, sedikit banyak paham soal gaya-gaya ubahan di beberapa varian Honda, termasuk Honda BR-V yang merupakan model berbasis Honda Mobilio itu.

Interior Honda BR-V versi baru – dok.Motoris

Faktanya memang ada ubahan di Honda BR-V baru tersebut. Ubahan terlihat dari grill, under spoiler depan, bumper belakang, under spoiler belakang, pelek baru alloy 16 inci. Kemudian lampu LED dan DRL. Juga ada di mobil pesaing, dan bukan sesuatu yang baru di pasar.

Selain itu di interior ada tweeter speaker baru, layar layar sentuh untuk audio dengan Bluetooth. Lagi-lagi, fitur-fitur semacam ini juga sudah lazim alias umum.

Kemudian ada hands free telephone, AC otomtais model baru, roda kemudi yang dibalut lembaran kulit, begitu pun dengan knob transmisi, dan arm rest. Dan, meski Honda menyematkan Smart Entry System, yakni fitur untuk membuka atau mengunci kendaraan secara otomatis cukup dengan menekan tombol pada gagang pintu, tapi bukanlah sesuatu yang wah.

Sesuai dengan konsep ubahan yang minor, Honda juga tak mengutak-atik mesin. Jantung pacu yang berkapasitas 1.5L i-VTEC bertenaga 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm.

Tampilan belakang Honda BR-V versi baru – dok.Motoris

Versi facelift ini juga masih ditawarkan dalam tiga varian pilihan. Varian pertama adalah E manual yang dibanderol Rp 252,5 juta. Kedua, varian E transmisi CVT dihargai Rp 262,5 juta. Ketiga, varian Prestige CVT dibanderol Rp 279,5 juta. Semua on the road Jakarta.

Catatan penjualan Honda BR-V sepanjang tahun 2018 lalu, tertinggal jauh dibanding pesaing utamanya, yakni Toyota Toyota Rush dan Diahtsu Terios. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, Honda BR-V hanya laku 9.143 unit.

Sedangkan, Toyota Rush terjual 53.145 unit. Artinya, penjualan BR-V hanya seperlima atau bahkan kurang dibanding low SUV Toyota itu.

Tampilan dari sudut kiri belakang Honda BR-V versi baru – dok.Motoris

Bahkan, jauh tertinggal dibanding Daihatsu Terios yang sepanjang tahun itu terjual 31.453 unit. Tapi, untuk mengekar ketertinggalan itu, ternyata versi ubahan alias versi barunya hanya segitu doang. Mau mengejar ketertinggalan Honda? (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This