Sempat “Terjungkal” Disalip Hino, Penjualan Fuso Ambles

Sempat “Terjungkal” Disalip Hino, Penjualan Fuso Ambles
Ilustrasi, truk Mitsubishi Fuso - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Atsushi Kurita menyebut sepanjang Januari-April penjualan yang dibukukan truk-truk Mitsubishi Fuso di Indonesia mengalami pasang surut. Bahkan, Kurita dengan jujur mengakui di bulan Maret kinerja penjualan truk Mitsubishi Fuso sempat “terjungkal” dan tersalip truk-truk saingan beratnya, Hino.

“Pejualan selama empat bulan (Januari – April) sempat naik turun, dan di Maret sempat tertinggal (oleh Hino), tetapi kami kembali merebut posisi pertama sebagai pemimpin pasar di bulan April,” tutur dia saat acara berbuka puasa bersama, di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Data yang dilansir PT KTB menyebut, di rentang waktu empat bulan itu, penjualan kendaraan komersial (truk) sebanyak 30.855 unit atau turun 16,3% dibanding kurun waktu yang sama tahun 2018 lalu. Di saat yang sama, penjualan Mitsubishi Fuso hanya 13.432 unit.

Penjualan sebanyak ini ambles, karena susut 3.289 unit dibanding tahun lalu. Saat itu penjualan masih sebanyak 16.721 unit.

Rincian penjualan Mitsubishi Fuso di empat bulan pertama itu sebagai berikut: Penjualan di Januari sebanyak 4.305 unit, Februari 3.138 unit, Maret 2.873 unit, dan April 3.126 unit. Khusus di Maret, Mitsubishi Fuso “terjungkal” dan disalip Hino.

Truk Hino New Ranger di areal pertambangan – dok.HMSI

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berbicara, penjualan ritel Hino di bulan Maret mencapai 3.038 unit. Meski hanya terpaut 165 unit, namun begitu terasa, karena selama ini Mitsubishi Fuso masih memimpin pasar.

“Penjualan ritel kami di Maret itu yang terbanyak adalah varian medium duty truck. Ini sebanyak 1.964 unit atau 63% dari total pangsa pasar segmen tersebut. Di segmen ini tipe Hino New Generation Ranger FM 260 JD paling laris,” tutur Direktur Promosi dan Penjualan PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo saat dihubungi.

Genjot penjualan
Kurita menyebut PT KTB akan terus menggenjot penjualan di tahun ini dengan menggelontorkan tujuh varian truk baru. “Kami akan terus melakukan yang terbaik, terutama nanti di GIIAS akan mengeluarkan varian baru Fighter agar bisa lebih baik lagi,” ucap dia.

Namun, para pesaing, termasuk Hino juga tidak akan tinggal diam. Meski tak menyebut startegi dan langkah yang bakal ditempuh, Santiko menyebut bakal melakukan terobosan-terobosan baru di semester dua tahun ini, khususnya setelah prosesi pemilihan umum telah rampung.

Mitsubishi Fuso Fighter diluncurkan dalam sembilan varian – dok.Istimewa

Dan yang pasti, lanjut dia, Hino Indonesia tetap mematok penjualan tahun ini tumbuh 12% atau menjadi 45.000 unit. Jumlah ini terdiri dari light duty truck sebanyak 20.000 unit dan medium duty truck 25.000 unit.

Sekadar catatan, data Gaikindo juga menunjukan sepanjang Januari-Maret lalu penjualan kendaraan komersial – mulai dari pikap, minibus hingga truk berat – susut 13,22%. Jika di tiga bulan pertama tahun 2018 masih sebanyak 70.846 unit, tahun ini hanya 61.495 unit. (Mul/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This