Penjualan Pikap Isuzu, Seujung Kuku Suzuki dan Daihatsu

Penjualan Pikap Isuzu, Seujung Kuku Suzuki dan Daihatsu
Ilustrasi, Isuzu Traga - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari – April lalu pikap andalan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) membukukan penjualan ritel atau dari diler langsung ke konsumen sebanyak 1.583 unit. Jumlah ini masih sangat jauh atau bisa dibilang “masih seujung kuku” para pesaing.

Adalah data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang menunjukan hal itu. Asosiasi ini mencatat, di kurun waktu empat bulan tersebut penjualan ritel pikap Suzuki sebanyak 15.425 unit.

Dengan penjualan sebanyak ini, pikap Suzuki merajai segmen pikap. Menurut 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Makmur, pikap Suzuki berhasil mencengkeram 50% lebih pangsa pasar.

“Bahkan, trennya naik. Kalau kita lihat di tahun 2017, market share kami 45%. Kemudian di tahun berikutnya atau tahun 2018 lalu, market share naik lagi menjadi 49%,” tutur Makmur saat dihubungi belum lama ini.

Kapasitas angkut Pikap Suzuki Carry versi baru mencapai 1 ton dengan bak yang lebih luas dan lebih panjang – dok.Motoris

Sementara itu, penjualan pikap Daihatsu Gran Max di kurun waktu yang sama sebanyak 12.065 unit. Kendati anjlok 11% dibanding periode sama tahun 2018 lalu, namun Daihatsu masih tetap berada di urutan kedua.

“Memang, kalau kami hitung, ada penurunan sebesar 11% untuk pikap Gran Max ini. Tetapi kalau dibanding penurunan pasar, kami masih lebih bagus. Karena pasar di saat yang sama turun 13%,” ujar Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, di sela acara buka puasa bersama di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Pasar ekspor
Dan yang pasti, penjualan kedua merek itu masih jauh di atas penjualan pikap Isuzu Traga. Meski begitu, IAMI tak hanya ingin konsentrasi menggarap pasar lokal, tetapi juga ekspor.

Seperti diungkapkan Presiden Direktur IAMI, Ernando Demily, dalam keterangan tertulis, Selasa (21/5/2019), Traga bakal diekspor ke sejumlah negara di wilayah ASEAN. Rencananya, mulai akhir tahun 2019 nanti.

Pikap medium Isuzu Traga yang diluncurkan 23 April lalu menjadi andalan Isuzu – dok.Istimewa

“Isuzu Traga sendiri 100% dirakit di Indonesia, di pabrik kami yang berada di Karawang. Dan besar harapan kami untuk membawa Isuzu Traga ke beberapa negara di Asia Tenggara yang akan dilakukan akhir tahun ini,” papar Ernando. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This