Januari-April Nissan Melompat, Sikut Wuling di 10 Besar

Januari-April Nissan Melompat, Sikut Wuling di 10 Besar
All New Nissan Livina yang merupakan kembaran Xpander resmi diluncurkan 19 Februari 2019-dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Rentang waktu empat bulan pertama atau Januari-April, menjadi hari-hari yang melegakan bagi PT Nissan Motor Indonesia (NMI), karena di kurun waktu ini penjualannya meningkat 10,3% dibanding periode sama tahun lalu. Dengan kinerja penjualan itu pula Nissan berhasil mencuil 1,4% pangsa pasar.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan, di Januari-April itu Nissan membukukan penjualan (wholesales) sebanyak 4.804 unit. Jumlah tersebut naik 10,3% dibanding rentang waktu yang sama di tahun 2018.

Dengan penjualan sebanyak itu pula, posisi Nissan dalam daftar 10 besar merek terlaris di periode itu juga naik. Jika di tahun 2018 lalu masih berada di peringkat 10, kini bertengger di posisi 9.

Kondisi sebaliknya dialamai Wuling, yang dijajakan oleh PT Wuling Motors Indonesia. Penjualannya selama empat bulan tercatat hanya sebanyak 4.286 unit. Jumlah itu menciut 17,8% dibanding rentang waktu sama tahun lalu.

Ilustrasi, pengunjung IIMS tengah mengetes jalan Wuling Cortez di pelataran JiExpo, Kemayoran, Jakarta – dok.Motoris

Meski besaran pangsa pasar yang digenggamnya tak berubah, yakni masih 1,3%, namun psisinya dalam daftar 10 besar merek terlaris tergeser. Dia harus rela berada di posisi bontot alias ke-10.

Soal susutnya penjualan ini, menurut Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani, yang ditemui di sela buka puasa bersama, di Jakarta, Selasa (21/5/2019) dikarenakan faktor kondisi politik. Hajatan pemilihan umum dengan berbagai rangkaian proses yang menyertai, menyebabkan masyarakat menahan pembelian.

“Salah satunya faktor itu (peristiwa politik, yakni pemilihan umum). Sehingga, masyarakat wait and see. Tapi, kita optimis setelah pemilu ini kondisi pulih kembali,” kata Dian.

Amunisi baru
Terlebih, Wuling juga memiliki amunisi baru yakni Wuling Confero S ACT dan Cotez CT. Dua MPV – yakni low MPV dan MPV medium versi anyar – itu diluncurkan di hajatan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, pada 25 April lalu.

Selain itu, Wuling juga memiliki lokomotif baru dalam penjualan yakni SUV Wuling Almaz. “Pemesanan Wuling sampai akhir April lalu sudah lebih dari 2.500 unit,” ujar Dian.

Sejak diluncurkan 27 Februari lalu, pemesanan Wuling Almaz telah mencapai lebih dari 2.000 unit – dok.Motoris

Adapun Nissan, mencatakan lompat penjualan pada Maret lalu. Saat itu, dia mengoleksi angka penjualan 3.172 unit atau melejit hingga 109% dibanding bulan yang sama tahun 2018. Bahkan jika dibanding bulan sebelumnya, atau Fenruari 2019, penjualan tersebut meroket hingga 824%.

“Semua ini berkat kehadiran All New Livina,” tulis broker saham RHB dalam laporan riset, belum lama ini. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS