Penjualan Kedodoran, X-Trail Anyar Segera Meluncur?

Penjualan Kedodoran, X-Trail Anyar Segera Meluncur?
Ilustrasi, Nissan X-Trail Special Edition- dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) disebut-sebut bakal meluncurkan versi anyar dari SUV Nissan X-Trail, dan hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Juli nanti, dikabarkan menjadi tempat peluncurannya. Maklum, versi yang ada saat ini sudah berusia hampir lima tahun dan penjualannya masih tertinggal dibanding pesaing.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang tahun 2018, penjualan SUV ini hanya 928 unit dan berada di urutan keenam di daftar penjualan SUV. Jumlah itu tentu sangat timpang dibanding para pesaing.

Dengan Toyota Fortuner, misalnya, yang di tahun itu terjual 21.459 unit. Begitu pun dengan Mitsubishi Pajero Sport yang laku 21.029 unit, atau Honda CR-V – 14.565 unit dan Honda HR-V 1.8 yang terjual 4.281 unit, serta Mazda CX-5 yang terjual 1.796 unit.

Bahkan, di empat bulan pertama tahun ini, juga masih kedodoran. Lagi-lagi data Gaikindo mengungkap, di rentang waktu Januari-April kemarin, penjualan Nissan X-Trail dari pabrik ke diler (wholesales) hanya 133 unit. Tentu ini tertinggal jauh oleh para pesaing.

Nissan X-Trail yang saat ini beredar di pasar – dok.Waverley Nissan

Fakta berbicara, sepanjang kuartal pertama saja atau Januari-Maret Toyota Fortuner terjual 4.411 unit dan Pajero Sport 4.759 unit. Lebih dari itu, Nissan X-Trail juga kalah jauh dibanding pendatang baru besutan Wuling Motors, Wuling Almaz.

SUV yang diluncurkan 23 Januari dan secara resmi baru 28 Februari itu, terjual 1.200 unit di kurun waktu itu. Bahkan hingga akhir April, sudah terpesan sekitar 2.500 unit.

“Pemesanan sampai akhir April, sudah sebanyak 2.500 unit lebih,” kata Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani, saat ditemui di sela acara Buka Puasa Bersama, di Jakarta, belum lama ini.

Sudah empat tahun
Dengan fakta ini, sangat masuk akal jika NMI berniat menggelontorkan versi anyar dari Nissan X-Trail tersebut. Pasalnya, versi baru atau bahkan model baru merupakan daya tarik sebuah varian di mata konsumen.

Sebelumnya, Presiden Direktur NMI, Isao Sekiguchi tak bersedia memastikan peluncuran Nissan X-Trail. Kendati mengakui ada recana menggelontorkan model atau versi baru dari model yang sudah ada, tetapi dia tak memastikan Nissan X-Trail merupakan bagian dari itu.

Wuling Almaz, penjualannya di empat bulan pertama 2019 telah melampaui Nissan X-Trail – dok.Motoris

“Memang, X-Trail itu yang terakhir kali (versi pembaruan) tahun 2014 jadi sudah empat tahun. Karena itu kami harus memikirkan bagaimana kami memperkuatnya. Tetapi saya tekankan sekali lagi, saya tidak konfirmasi tentang apa pun (tentang X-Trail). Nanti, kita bisa komunikasikan secara jelas saat di GIIAS,” papar Sekiguchi.

Kabar tentang peluncuran X-Trail versi anyar itu menyeruak setelah versi baru dari SUV itu muncul di media sosial. Foto-fotonya beredar di dunia maya. (Mul/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This