Lima Tahun, Penjualan Isuzu MU-X Masih “Ngesot”

Lima Tahun, Penjualan Isuzu MU-X Masih “Ngesot”
Isuzu MU-X di GIIAS 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Astra International Tbk – Isuzu Sales Operation mencoba untuk memacu penjualan SUV andalannya – Isuzu MU-X – dengan memanfaatkan momen lebaran 2019. Melalui program bertajuk  “Salam Isuzu, Sambut Lebaran Bersama Isuzu”, dia menawarkan berbagai kemudahan pembelian SUV tersebut.

“Selama periode program penjualan mulai Mei hingga Juni 2019, konsumen bisa membawa pulang MU-X, dengan sejumlah keuntungan yakni bunga 0% hingga tiga tahun, gratis asuransi satu tahun,” bunyi pernyataan Isuzu dalam keteranga resmi, Senin (21/5/2019).

Tak cuma itu. Masyarakat konsumen juga diiming-imingi gratis voucher Oli IAGO (Isuzu Astra Genuine Oil) selama dua tahun, gratis voucher BBM senilai Rp2,5 juta, layanan gratis perawatan berkala selama empat tahun atau 50.000 kilometer jika membeli SUV itu.

Semua tawaran itu, tentu untuk menarik minat calon pembeli. Maklum, kinerja penjualan SUV ladder frame Isuzu itu masih sagat jauh dibanding para pesaing. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang Januari lalu SUV ini tak membukukan penjualan alias kosong melompong.

Isuzu MU-X – dok.Autodeft.com

Di bulan berikutnya atau di Februari baru terjual 20 unit, dan bulan Maret laku 25 unit. Meski penjualannya naik, tetapi masih terpaut sangat jauh dibanding para pesaing.

Data Gakindo menunjukan, di rentang waktu Januari-Maret Toyota Fortuner terjual (wholesales) sebanyak 4.411 unit. Sementara Pajero Sport yang berada di urutan kedua, di kurun waktu yang sama, terjual 4.759 unit.

Tak hanya tahun ini
Ketimpangan penjualan Isuzu MU-X dengan para pesaing, bukan kali ini saja terjadi. Tahun lalu, jurang menganga lebar juga sudah ada di antara mereka.

Fakta berbicara, di tahun 2018 kemarin, penjualan SUV andalan Isuzu ini tercatat sebanyak 737 unit. Meski naik 2,5% dibanding tahun 2017 yang sebanyak 712 unit, namun masih jauh ketinggalan dibanding para rival.

Sepanjang tahun itu, Fortuner terjual secara wholesales sebanyak 21.459 unit dan Pajero Sport sebanyak 21.029 unit. Bahkan, di tahun-tahun sebelumnya, penjualan Isuzu MU-X juga masih segitu-segitu saja.

Penjualan Isuzu MU-X masih tertinggal jauh dengan Toyota Fortuner, yang saat ini masih memimpin pasar SUV segmen high SUV – dok.Motoris

Di tahun 2017, dia hanya mencatatkan penjualan sebanyak 712 unit. Meski, tercatat naik dibanding tahun 2016 yang sebanyak 569 unit, tetapi tetap saja angkanya masih timpang dibanding para pesaing. Padahal, SUV ini mulai dijajakan di Tanah Air sejak Agustus tahun 2014. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This