Empat Bulan Berlalu, Penjualan Sirion Masih Lesu

Empat Bulan Berlalu, Penjualan Sirion Masih Lesu
Daihatsu All New Sirion - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Penjualan citycar Daihatsu – All New Daihatsu Sirion – di Indonesia masih tertatih-tatih, kendati telah menyandang titel “serba baru”. Setelah di sepanjang tahun2018 lalu penjualannya ambrol 25,14%, di rentang waktu Januari-April lalu kinerjanya masih loyo.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan di tahun 2018 kemarin, All New Sirion hanya membukukan penjualan sebanyak 1.340 unit. Sedangkan di empat bulan pertama tahun ini, data internal PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tak menyebutnya secara spesifik.

Agen pemegang merek (APM) Daihatsu di Indonesia ini hanya menyebut, penjualan Siron bersama pikap Hi-Max dan Luxio yakni sebanyak 1.764 unit. Total penjualan kelompok ini, setara 3% dari total penjualan Daihatsu di kurun waktu itu.

Dia hanya berada di urutan keempat setelah Suzuki Ignis, All New Honda Brio, dan Datsun Cross. Namun, Sirion masih unggul dibanding Nissan March yang membukukan penjualan hanya 1.159 unit.

Daihatsu All New Daihatsu Sirion – dok.Mobil123.com

Data yang dirilis, Kamis (9/5/2019), itu menyebut penjualn ritel seluruh model Daihatsu pada saat itu tercatat sebanyak 60.706 unit. Jumlah ini susut 6,4% dari dibanding periode sama tahun 2018 lalu.

Sedangkan penjualan dari pabrik ke diler atau whole sales di empat bulan itu tercatat sebanyak 66.285 unit. Jumlah ini menciut 5,2% dibanding periode tahun lalu.

Sementara itu, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto yang dihubungi, Jumat (7/6/2019) lalu mengatakan, pasar citycar di Januari-April tahun ini masih menciut.

“Tahun lalu penjualan citycar turun 2% lebih. Sekarang, (Januari-April) tren serupa (penurunan masih terjadi), saya enggak hafal angkanya, Tapi, trennya turun,” kata dia.

Daihatsu All New Sirion saat diluncurkan – dok.Kompas.com

Penurunan ini, kata Jongkie, juga tak lepas dari turunnya jumlah impor mobil di rentang waktu itu. “Ada beberapa citycar yang impor kan? (antara lain Suzuki Ignis dan Sirion). Karena APM dalam negeri ingin konsentrasi ke model lokal, ini dalam rangka menekan angka defisit perdagangan,” ujar Jongkie. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS