Suzuki Wagon R Moncer di India, Tapi Belum di RI

Suzuki Wagon R Moncer di India, Tapi Belum di RI
Suzuki atau Maruti Wagon R versi terbaru - dok.Autocar India

New Delhi, Motoris – Maruti Suzuki India mulai menjajakan Suzuki Wagon R versi terbaru pada 23 Januari lalu. Dalam lima bulan – atau Januari hingga Mei – mobil ini laku 67.000 unit. Meski menciut 15% dibanding periode sama tahun lalu, namun kinerja penjualan mobil ini masih unggul dibanding para pesaing.

Seperti dilaporkan laman India Today dan Rushlane, Rabu (12/6/2019), Asosiasi Industri Otomotif India mencatat, di rentang waktu itu, pesaing Wagon R, yakni Hyundai Santro (Hyundai Atoz) hanya membukukan penjualan sebanyak 35.000 unit. Sedangkan Tata Tiago hanya 35.000 unit.

Maruti Suzuki India berdalih, penjualan Wagon R baru terjadi di pengujung bulan Januari. Sedangkan di tahun lalu – karena versi lama dengan stok yang sudah tersedia di diler – penjualannya berlangsung sejak awal Januari atau lima bulan penuh, sehingga volume mencapai 74.000 unit.

“Wagon R baru menyuguhkan perubahan sangat besar. Dia hadir dengan basis platform Heartech seperti yang digunakan oleh Suzuki Swift dan sedan Dzire. Dimensi ukurannya lebih besar dengan fitur terkini,” klaim Suzuki India itu.

Suzuki Wagon R versi terbaru di India varian transmisi otomatis AGS – dok.Istimewa

Di Negeri Sari itu, Suzuki menawarkan Karimun Wagon R anyar dalam dua varian pilihan mesin. Pertama, mesin K10B berkapasitas 1000 cc dan K12M yang berkapasitas 1200 cc. Keduanya, ditawarkan dengan pilihan transmisi manual lima tingkat percepatan dan otomotis yakni Auto Gear Shift (AGS).

Berbeda dengan di India, penjualan Suzuki Wagon R di Indonesia masih kalah cemerlang dibandig para pesaing. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang Januari-April lalu mobil ini terjual sebanyak 1.721 unit.

Dengan jumlah itu, Wagon R hanya berada di urutan ketujuh dalam daftar penjualan LCGC di Tanah Air. Dia berada di belakang Daihatsu Sigra yang terjual 20.077 unit, Honda Brio 16.656 unit, Toyota Calya 14.048 unit, Daihatsu Ayla 9.635 unit, Toyota Agya 7.843 unit, Datsun GO yang sebanyak 1.814 unit. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This