Jadi Senjata Andalan, Datsun Cross Ternyata Tumpul

Jadi Senjata Andalan, Datsun Cross Ternyata Tumpul
Datsun Cross - dok.Datsun

Jakarta, Motoris – Setelah penjualan duo Datsun – yakni Datsun GO dan GO+ – terus menerus ambrol sejak tahun 2015 hingga 2017, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mulai tahun 2018 memainkan strategi anyar. Satu varian Datsun anyar yakni Datsun Cross diluncurkan pada Januari tahun itu, dan masuk ke ceruk pasar city car.

Tentu, varian ini diharapkan menjadi senjata baru bagi Datsun untuk merebut pangsa pasar di segmennya. Awalnya, di Januari tahun itu, penjualan ke diler langsung “meledak”.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, pada bulan itu wholesales atau penjualan dari pabrik ke diler Datsun Cross mencapai 2.223 unit. Tapi, herannya, di bulan berikutnya penjualan yang dibukukan hanya 13 unit.

Dalam rentang waktu 10 bulan pertama tahun itu, Datsun mengirim unit ke diler yang tak sampai 100 unit dan menghabiskan stok yang ada di diler. Bahkan, pada November, data menunjukan tidak ada distribusi mobil tersebut ke diler.

Ilustrasi, Datsun Cross, model andalan Datsun di segmen city car- dok. Datsun

Kegiatan distribusi baru terlihat lagi pada Desember. Itu pun hanya sebanyak 7 unit. Total jenderal penjualannya di tahun itu sebanyak 2.293 unit. Jumlah ini setara dengan 7,38% dari total penjualan city car tahun itu yang sebanyak 31.051 unit.

Berlanjut tahun ini
Sementara, di tahun 2019 ini, denyut penjualan Datsun Cross lumayan terasa. Meski, harus diakui, lemotnya detak penjualan masih berlanjut. Tak ada lompatan penjualan yang wah, seperti pada Januari 2018.

Data Gaikindo berbicara, wholesales Datsun Cross pada Januari sebanyak 60 unit. Pada bulan berikutnya, 89 unit. Singkat cerita, total penjualan Januari-April sebanyak 635 unit atau 8,05% dari total penjualan citycar yang jumlahya 7.891 unit. Senjata andalan itu ternyata tetap tumpul.

Penjualan Datsun Cross ini jauh tertinggal dibanding pesaing, dengan Honda Brio RS misalnya. Di tahun lalu, city car Honda ini terjual 12.351 unit dan mencomot 39,78% pangsa pasar. Sedangkan di tahun ini, dalam empat bulan pertama terjual 4.683 unit atau merebut 59,35% dari total penjualan di segmennya.

Ilustrasi, All New Datsun GO-Live Special Version di IMX 2018 – dok.Motoris

Sekadar mengingat, rekam jejak penjualan Datsun GO dan Datsun GO+ juga terus menyusut sejak diluncurkan. Data Gaikindo menyebut, pada tahun 2015 penjualannya masih sebanyak 29.358 unit, tapi di tahun berikutnya telah longsor, sehingga menjadi 26.043 unit.

Dan longsor kembali terjadi di tahun 2017, sehingga menjadi 10.484 unit. Kemudian di tahun 2018 kembali menciut dengan total penjualan 9.045 unit yakni terdiri dari GO sebanyak 4.782 unit, dan GO+ 3.263 unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This