CR-V Tertinggal Almaz Berkali, Honda Masih Percaya Diri

CR-V Tertinggal Almaz Berkali, Honda Masih Percaya Diri
Honda CR-V 1.5 Turbo - dok.AutoGuide

Jakarta, Motoris – Varian SUV besutan Wuling Motors – Wuling Almaz – yang bermain di segmen medium SUV – ternyata cukup membuat repot pemain lama, Honda CR-V. Sebagai sesama model SUV beresin 1.5 Turbo, distribusi Wuling Almaz dari pabrik ke diler (wholesales) terbukti mengungguli SUV buatan pabrikan Jepang itu.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang Mei lalu, Wuling Almaz terjual (wholesales) sebanyak 1.130 unit. Pada saat yang sama Honda CR-V hanya 750 unit.

Namun, bukan hanya sekali ini saja, Almaz mengungguli Honda CR-V. Sejak bulan pertama dijual – setelah peluncuranya tanggal 23 Januari 2019 – penjualan Almaz sudah meninggalkan CR-V.

Tercatat, di bulan Februari, Almaz terjual 568 unit. Jumlah ini lebih banyak 34 unit dibanding yang dibukukan Honda CR-V yang sebanyak 534 unit.

Tampilan belakang Honda CR-V – dok.Carlist

Pada bulan berikutnya, yakni Maret, lagi-lagi Almaz masih yang terbayak. Saat itu, 397 unit Almaz dikirim ke diler. Sementara, Honda CR-V hanya 270 unit.

Namun, kondisi sempat berbalik, dimana Honda CR_V kembali jauh meninggalkan Almaz. Pada bulan keempat ini, SUV medium Honda itu terjual ke diler sebanyak 1.156 unit dan Almaz yang berada di urutan kedua, hanya 610 unit.

Menanggapi fakta ini, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengaku biasa saja melihat angka-angka tersebut. Dia berdalih, penjualan ritel Honda CR-V yang masih stabil.

Dengan kata lain, lanjut dia, loyalitas konsumen terhadap merek Honda maupun daya tarik Honda CR-V masih terjaga. Terlebih, profil pembeli SUV medium yang sejati, bukan sekadar melihat harga tetapi lebih ke “emotional” dengan ukuran citra merek (brand image), kualitas produk hingga layanan purna jual.

SUV Wuling Almaz – dok.Motoris

“Jadi kalau melihat faktor-faktor itu, dengan penjualan ritel CR-V yang masih stabil, tentu ini masih bagus. Artinya, customer masih percaya dengan Honda CR-V. Karena kami tidak hanya (memainkan strategi) harga saja, tetapi juga fitur, performa mesin, dan layanan purna jual,” kata dia saat ditemui di sela acara Honda Brio Saturday Night Challenge 2019, di Jakarta, Sabtu (22/6/2019) lalu. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This