Outlander Sudah Tak Joss, MMKSI Sodorkan Eclipse Cross

Outlander Sudah Tak Joss, MMKSI Sodorkan Eclipse Cross
Mitsubishi Eclipse Cross diposisikan di antara Outlander Sport dan Pajero Sport - dok.Carscoops

Jakarta, Motoris – Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) disinyalir kuat bakal meluncurkan varian crossover anyar – Mitsubishi Eclipse Cross – pada Selasa (9/7/2019) lusa. Model anyar ini diposisikan diantara Mitsubishi Outlander Sport dan Pajero Sport, bukan menggusur Outlander.

Sinyal kelahiran Eclipse Cross di Indonesia pada 9 Juli nanti, itu muncul secara tersirat setelah Presiden Direktur MMKSI, Naoya Nakamura, di Jakarta, Selasa (2/7/2019) membuat pernyataan pancingan. “Menjelang gelaran GIIAS 2019 nanti, pada tanggal 9 Juli di Hotel Intercontinental, Jakarta Selatan, kami akan meluncurkan sebuah produk baru lagi (setelah Mitsubishi Triton versi anyar),” ungkap dia.

Dugaan pun menuju ke crossover Eclipse Cross. Pasalnya, mobil ini sudah diluncurkan dan dijajakan di Jepang serta di beberapa negara lainnya. Terlebih, sejumlah petinggi MMKSI lainnya juga mengisyaratkannya.

Interior bagian depan Mitsubishi Eclipse Cross – dok.Istimewa via oto

Sinyal semakin kuat, setelah Head of Sales and Marketing Group MMKSI, Imam Choeru Cahya, di Jakarta, Selasa (2/7/2019) lalu juga mengatakan aka nada produk baru yang diluncurkan. Meski, dia tak mengiyakan atau menampik bahwa produk tersebut Eclipse Cross.

“Ya kita lihat saja nanti. Bisa iya, bisa tidak,” ucapnya.

Beda segmen dengan Outlander
Namun, ketika disinggung posisi Eclipse Cross jika benar-benar diluncurkan bakal menggantikan Mitsubishi Outlander? Imam mengatakan, hal itu tidak akan terjadi. Pasalnya, keduanya memiliki segmentasi dan target sasaran penjualan yang berbeda.

“Eclipse itu posisinya di antara Outlander (Sport) dan Pajero Sport. Jadi beda segmen dengan Outlander,” kata dia.
Pernyataan Imam ini selaras dengan bocoran yang diberikan salah satu kolega di salah satu diler Mitsubishi yang menyebut, banderol Mitsubishi Eclipse Cross di kisaran Rp 400 jutaan. Dia menyebut bakal hanya ada satu tipe yang di tahap awal ini disodorkan, yakni Ultimate alias tipe tertinggi.

“Jadi segmentasi maupun target pasar yang dibidik beda bos sama Outlander. Kalau harga Outlander kan Rp 338 – 383,5 jutaan,” tuturnya saat dihubungi, Jumat (4/7/2019).

Tampilan dari samping Mitsubishi Eclipse Cross – dok.Istimewa via Oto

Namun, dia enggan membicarakan lebih jauh soal Outlander, terutama soal penjualannya. Sedangkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, penjualan mobil ini terus lembek tak lama setelah diluncurkan tahun 2012 lalu. Bahkan di bawah angka 5.000 unit.

Sepanjang tahun 2018 lalu, penjualannya ke diler (wholesales) hanya 816 unit. Sedangkan di rentang waktu Januari-Mei tahun ini wholesales hanya 77 unit.

Lantas, benarkah Eclipse Cross yang menusung mesin 1.5LTturbo dengan seuran tenaga 160 hp dan torsi hingga 250 Nm itu bakal diluncurkan Selasa (9/7/2019)? ataukah di hajatan GIIAS 2019 yang berlangsung 18-28 Juli nanti? Kita tunggu saja kepastiannya. (Fan/Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS