Wuling Cortez Saingi Innova? Masih Jauh Bos

Wuling Cortez Saingi Innova? Masih Jauh Bos
Ilustrasi, mengetes jalan Wuling Cortez di pelataran JiExpo, Kemayoran, Jakarta - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Meski sejatinya ada beberapa model yang bersaing di segmen pasar medium MPV – yakni Toyota Innova, Wuling Cortez, Isuzu Panther, Honda Odyssey, dan lainnya – namun, Innova dan Cortez-lah yang meraup pangsa pasar terbesar. Meski, penjualan keduanya terpaut sangat jauh.

Data yang dirilis PT Toyota Astra Motor (TAM) menunjukan, di rentang waktu Januari-Mei lalu Innova membukukan penjualan dari pabri ke diler (wholesales) sebanyak 23.100-an unit. Sedangkan penjualan dari diler ke konsumen (ritel) tercatat sebanyak 22.300-an unit.

Pada kurun waktu yang sama – seperti dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesales Cortez sebanyak 1.155 unit.Artinya, masih selisih sangat banyak dibanding Innova.

Masih menurut data Gaikindo, di bulan April saja, wholesales Cortez hanya sebanyak 567 unit. Sementara, Innova mencapai 4.635 unit yakni terdiri dari Innova varian standar dan 383 unit varian Venturer.

Toyota Kijang Innova – dok.Motoris

Perbedaan penjualan dengan gap yang sangat dalam, juga terjadi di tahun lalu. Tak usah setahun penuh, tetapi dengan kurun waktu yang hamir sama, yakni di semester pertama.

Pada paruh pertama 2018 itu, Innova menggenggam 76,24% pangsa pasar medium MPV. Total penualannya 25.948 unit atau turun 4,8% dibanding kurun waktu yang sama tahun 2017 yang sebanyak 27.257 unit.

Meski begitu, penjualan Innova ini jauh di atas Cortez. MPV Wuling Motors itu tercatat membukukan wholesales sebanyak 3.301 unit. Angka itu setara dengan 9,70% pasar di segmen tersebut. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS