Lima Bulan, Mazda 2 Masih Jauh Tertinggal Pesaing

Lima Bulan, Mazda 2 Masih Jauh Tertinggal Pesaing
Ilustrasi, Mazda 2 - dok.Auto Trader

Jakarta, Motoris – Penjualan varian hatchback di Indonesia hingga lima bulan pertama tahun ini masih belum banyak beranjak dibanding tahun lalu. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, total penjualan dari pabrik ke diler mobil jenis ini  di rentang waktu Januari-Mei lalu berkisar 12.000-an unit.

Dari jumlah ini, hatchback Honda Jazz masih berada di urutan  pertama penjualan dengan total wholesales atau penjualan dari pabrik ke diler sebanyak 5.626 unit. Sedangkan hatchback Toyota, yakni Yaris berada di urutan kedua dengan penjualan sebanyak 3.126 unit.

Berada di urutan ketiga, Suzuki Neo Baleno yang membukukan penjualan 2.2428 unit. Adapun urutan keempat ada Mazda 2 yang hanya terjual 667 unit. Jumlah Mazda ini tentu terpaut jauh jika dibanding para pesaing.

Namun, sejatinya, tren penurunan penjualan mobil sedan tanpa buntut besutan Mazda itu juga sudah terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Lagi-lagi data Gakindo mengungkap, di kurun waktu Januari – November 2018 lalu Mazda terjual 1.142 unit.

Jumlah ini merosot 10,29% dibanding periode sama tahun 2017.Sementara, secara total penjualan Mazda di Indonesia yang dijajakan oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) – seperti tertera di data Gaikindo – di periode Januari-Mei tahun ini hanya 2.195 unit. Angka ini  ambles 14,7% dibanding periode sama tahun lalu yang sebanyak 2.574 unit.

Mazda 2 di gelaran Telkomsel Indonesia International Motors Show 2019 – dok mobilkomersial.com via Indonesiamotorshow.com

Presiden Direktur EMI, Roy Arman Arfandy, mengakui masih beratnya penjualan di pasar hatchback. Menurutnya, dilihat dari  fakta yang ada, segmen terbesar di Tanah Air adalah MPV dan SUV, bukan hatchback.

“Tetapi ini memang tantangan kita. Karena memang persaingan di segmen ini cukup keras, dengan keunggulan yang ditawarkan masing-masing. Jadi butuh kerja keras juga,” kata dia saat ditemui di sela peluncuran All New Mazda 3 di Bogor, Jawa Barat, Senin (8/7/2019) lalu.

Sementara itu, Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto yang dihubungi Senin (8/7/2019) mengakui memang ceruk pasar hatchback di Indonesia tidaklah sebesar MPV atau SUV. Kendati begitu, dinamika pasar segmen tersebut masih terasa.

“Dinamika ada, permintaan nyatanya juga terus ada. Memang tantangannya kan segmen ini konsumennya sebagian besar orang muda. Karena itu faktor  harga, tampilan atau desain, dan fitur  menjadi penentu. Nah, kalau bicara soal fitur ini kan ujung-ujungnya juga ke harga,” kata dia. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This