Isuzu MU-X dan Nissan Terra, “Kepontal-pontal” Kejar Pesaing

Isuzu MU-X dan Nissan Terra, “Kepontal-pontal” Kejar Pesaing
Isuzu MU-X di GIIAS 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Tren penjualan varian Sport Utility Vehicle (SUV)  – mulai dari low SUV hingga premium SUV – di Indonesia terus “mendaki” kendati tak sebesar penjualan varian MPV.  Tahun 2018 lalu, pangsa pasar varian ini naik dari 14% menjadi 17% dari total penjualan semua varian dan merek.

“Iya, memang segmen SUV itu  terus naik ya. Ini seperti tren di pasar global. Toyota sendiri (TAM) membukukan peningkatan hampir dua kali lipat di segmen ini (Low hingga premium SUV). Ini termasuk SUV High Fortuner, kami masih market leader di  SUV high itu (Fortuner pada tahun 2018 lalu),” kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto, saat ditemui usai pemaparan kesiapan Toyota Indonesia dalam gelaran GIIAS 2019, di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Fakta berbicara. Seperti diungkap data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang tahun 2018 , Toyota Fortuner membukukan penjualan dari pabrik ke diler atau wholesales sebanyak 21.459 unit. Jumlah ini dia atas angka yang dibukukan Mitsubishi Pajero Sport yang sebanyak sebanyak 21.029 unit.

New Nissan Terra yang diluncurkan di GIIAS 2018. salah satu model andalan Nissan Motor Indonesial – dok.Motoris

Namun,  mencorongnya penjualan dua model SUV high itu berkebalikan dengan penjualan SUV high andalan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) yakni Isuzu MU-X dan jagoan PT Nissan Motor Indonesia (NMI), yakni Nissan Terra.

Isuzu MU-X yang telah malang melintang di pasar Indonesia sejak lima tahun lalu, di sepanjang 2018 hanya membukukan penjualan sebanyak 737 unit. Jumlah itu memang naik, tapi kecil, yakni 2,5% dibanding penjualan tahun 2017 yang sebanyak 712 unit.

Sementara, Nissan Terra yang diluncurkan Agustus tahun 2018, hingga Desember tahun itu hanya terdistribusi sebanyak 772 unit.  Lemotnya penjualan Terra itu ternyata berlanjut hingga kini.

Data Gaikindo menyebut, Nissan hanya mendistribusikan 364 unit Terra ke seluruh dilernya di rentang waktu itu. Padahal, di saat yang sama Mitsubishi Pajero Sport terjual 8.454 unit dan Toyota Fortuner sebanyak 7.617 unit.

Ilustrasi, Toyota Fortuner, SUV dengan tujuh kursi penumpang- dok.Motoris

Namun, langkah Terra ini masih lumayan ketimbang Isuzu MU-X. Sebab, di kurun waktu yang sama, SUV itu hanya terdistribusi sebanyak 105 unit. Meski menghadapi nasib serupa dengan Terra yang “kepontal-pontal” menghadapi persaingan, namun tantangan Isuzu MU-X jauh lebih berat.

Mengingat historinya yang mulai mendobrak pasar otomotif di Tanah Air sejak lima tahun lalu. Lagi-lagi data berbicara. Di awal 2019 ini atau tepatnya Januari, penjualan Isuzu MU-X kosong melompong alias nihil. Kemudian di Februari terjual 20 unit, dan bulan Maret laku 25 unit.  (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS