Penjualan Daihatsu Ambles, Xenia dan Terios Tertinggal Sigra

Penjualan Daihatsu Ambles, Xenia dan Terios Tertinggal Sigra
Ilustrasi, Daihatsu Sigra dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari-Juni atau semester pertama lalu, penjualan mobil Daihatsu dari pabrik ke diler (wholesales) sebanyak 87.023 unit dan dari diler konsumen (ritel) 88.026 unit. Penjualan di rentang waktu itu menyusut dibanding periode sama tahun lalu yang masing-masing 95.300 unit dan 94.929 unit.

Jika dihitung, penurunan wholesales hingga sebanyak 8.277 unit. Sedangkan penjualan ritel berkurang hingga 6.903 unit.

Meski menyusut, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, mengaku masih bersyukur karena Daihatsu masih berkontribusi terhadap industri otomoif nasional. Dia menyebut, wholesales Daihatsu di kurun waktu enam bulan pertama itu setara dengan 17,6% pangsa pasar, sedangkan ritelnya sama dengan 18% pangsa pasar.

All New Terios saat dipamerkan di GIIAS 2018 – dok.Motoris

“Kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Sahabat Daihatsu yang telah memilih Daihatsu sebagai kendaraan mereka. Sehingga kami dapat mempertahankan kontribusi pasar otomotif secara nasional,” kata dia dalam pernyataan resmi, Rabu (17/7/2019).

Menariknya, penjualan LCGC Daihatsu Sigra kini semakin mengukukuhan diri sebagai mobil terlaris Daihatsu. Posisi tersebut sekaligus menggeser Xenia. Begitu pun dengan Terios.

Bahkan, jika di semester pertama tahun lalu, penjualan (ritel) Terios tercatat sebanyak 13.470 unit, tahun ini tak jelas.  Data yang disodorkannya tak menyebut secara rinci berapa sejatinya penjualan Terios.

Dia hanya disebut bersama Daihatsu Ayla dengan total penjualannya sebanyak 11.000 unit. Jumlah sebanyak itu setara dengan 13-14% dari total penjualan mobil Daihatsu di enam bulan pertama tahun ini.

Sementara Xenia terjual 16.427 unit. Namun, penjualan Low MPV andalan Daihatsu ini semakin ambles. Data ADM menyebut di rentang Januari-Juni tahun ini hanya penjualan ritel Xenia hanya 12.485 unit.

Berkebalikan

Berbeda dengan penjualan Xenia dan Terios, penjualan ritel Dihatsu Sigra terbilang paling mencorong di antara mobil-mobil Daihatsu yang lain. Semester pertama tahun ini, totalnyamencapai 26.118 unit. Jumlah ini ekuivalen dengan 30% dari total penjualan Daihatsu.

Ilustrasi, Daihatsu Ayla – dok.Istimewa

Dibanding tahun lalu, penjualan ritel Sigra kali ini, naik hingga 2.065 unit. Tahun lalu, penjualan ritel LCGC tersebut  sebanyak 24.053 unit.

Peran Sigra sebagai kontributor terbesar penjualan Daihatsu sudah terjadi beberapa tahun lalu. Di tahun 2017 lalu misalnya, dari total penjualan ritel merek ini yang sebanyak 185.240 unit, penjulan MPV LCGC itu sebanyak 48.293 unit atau 26%.

Begitu pun di tahun 2018, dari 200.178 unit mobil yag terjual secara ritel, 50.682 unit diantaranya adalah Sigra. Jumlah ini setara dengan 25% dari total penjualan ritel saat itu.

Artinya, posisi Xenia yang sebelumnya menjadi tulang punggung penjualan Daihatsu, kini semakin tertinggal Sigra. Begitu pun dengan posisi Terios.(Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This