Sepanjang Juni, di Antara “Big Five” Daihatsu Paling Bonyok

Sepanjang Juni, di Antara “Big Five” Daihatsu Paling Bonyok
Ilustrasi, Daihatsu Xenia versi terbaru di IIMS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan mobil di sepanjang Juni lalu, tercatat sebanyak 59.539 unit atau ambrol 29,24% dibanding penjualan bulan Mei yang sebanyak 84.146 unit. Sedangkan di kelompok lima besar atau “The Big Five”, Daihatsu tercatat sebagai merek yang menjual paling sedikit.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diperoleh Motoris, Rabu (17/7/2019) menunjukan, Daihatsu hanya membukukan penjualan sebanyak 6.020 unit. Padahal, pada bulan sebelumnya, merek ini masih menjual sebanyak 14.178 unit atau berada di bawah Toyota dan di atas Mitsubishi, Honda, dan Suzuki.

Sementara, meski juga sama-sama mengalami penyusutan, namun Toyota masih berada di urutan teratas dalam daftar penjulan kelompok lima besar. Merek ini membukukan penjualan sebanyak 18.690 unit atau longsor cukup dalam dibanding bulan Mei yang sebanyak 29.280 unit.

Sedangkan Mitsubishi yang di bulan Mei berada di urutan ketiga di bawah Daihatsu dengan penjualan 11.761 unit, pada Juni melompat ke urutan dua karena berhasil melego 11.761 unit.

Ilustrasi, Daihatsu Xenia terbaru di IIMS 2019 – dok.Motoris

Honda berada di urutan ketiga di bulan keenam tersebut, karena mampu menjual sebanyak 7.563 unit. Merek ini pada bulan sebelumnya membukukan penjualan sebanyak 11.048 unit dan berada di urutan keempat.

Adapun Suzuki yang berada di urutan kelima pada bulan Mei karena hanya menjual sebanyak 8. 8.775 unit, di bulan keenam melompak ke urutan empat. Dia berhasil menjual mobil sebanyak 7.236 unit.

Urutan kedua di Astra
Meski berada di urutan paling bontot di lima besar merek terlaris, namun Daihatsu masih bertengger di urutan kedua kelompok otomotif roda empat PT Astra International Tbk. Data Gaikindo menyebut, di bulan Juni itu, grup Astra melego 26.539 unit mobil atau susut sekitar 5,5% dibanding bulan sebelumnya.

Dari total penjualan sebanyak itu, Toyota masih menjadi kontributor terbesar yakni dengan penjualan sebanyak 18.690 unit. Kemudian, Daihatsu sebanyak 6.020, Isuzu 1.823 unit, dan Peugeot 7 unit.

Toyota Avanza saat diajak melibas genangan air di Toyota Driving Experience – dok.PT TAM

Seiring dengan amblesnya penjualan, raihan pangsa pasar Astra di pasar otomotif roda empat atau lebih pun juga menciut. Jika pada Mei masih sebesar 54%, di Juni hanya 45%. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This