Bus “Sleeper” Suite Class Laksana, Nanggung

Bus “Sleeper” Suite Class Laksana, Nanggung
Bus Sleeper Suite Class garapan Karoseri Laksana di GIIAS 2019 - dok.Motoris

Tangerang, Motoris – Kehadiran bus Legacy SR2 Suites Class – yang oleh masyarakat disebut bus Sleeper – dari karoseri asal Semarang, Laksana, di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, telah membetot perhatian pengunjung. Hanya sayang, jika dicermati, ada yang kurang klop antara tampilan, positioning sebagai bus suite class, dengan chassis yang dipakai.

Data spesifikasi yang disajikan Laksana menyebut, bus ini menggunakan chassis Hino RN285 Air Suspension. Memang, chassis tersebut bukanlah chassis murahan atau ecek-ecek. Namun, kurang sepadan saja dengan tampilannya. Wlahsil, tanggung.

“Rancang bangun bus ini mewah. Mestinya bus suite class dengan double decker itu menggunakan chassis bermesin dan tenaga yang lebih besar, di atas 350 horse power (hp). Jadi, benar-benar menjadi suite class luar dalam. Bukan hanya dalamnya saja. Bukan berarti chassis Hino RN 285 ini enggak bagus. Chassis ini keren, hanya saja kurang pas bagi Suite Class tersebut,” papar pengamat industri bus yang juga penggiat Bismania, Syahrul, saat ditemui di arena GIIAS 2019, ICE Serpong, Tangerang, Selasa (23/7/2019).

Hanya ada 21 kursi di kabin bus Suite Class Laksana – dok.Motoris

Menurut dia, chassis yang tepat untuk bus tersebut adalah chassis Scania K360 dengan mesin bertenaga lebih dari 360 hp, atau Scania K410 IB yang berpenggerak 6×2 dengan tenaga 420 hp.

“Atau chassis bus Mercedes-Benz O500R 1836 yang mesinnya menyemburkan tenaga hingga 360 hp. Dan bisa juga Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 6×2 yang bertenaga badak, 420 hp. Jadi klop, matching. Tapi sepertinya (Karoseri) Laksana nanggung banget,” ungkap dia.

Kenyamanan
Sebelumnya, Direktur Teknik Karoseri Laksana, Bus Stefan Arman mengatakan kenyamanan bus AKAP premium – bisa bersaing dengan pesawat. Selain kenyamanan, juga faktor harga tiket yang leih bersaing.

Adanya perbedaan harga tiket yang jauh antara pesawat dengan bus, menjadi peluang sekaligus inspirasi bagi Laksana untuk menghadirkan bus-bus premium, termasuk bus Legacy SR2 Suite Class. “Karena ada gap harga (tiket) itu, menjadikan ada ruang bagi kami untuk berkreasi untuk menawarkan sesuatu yang lebih,” ujar Stefan, di arena GIIAS 2019, Kamis (18/7/2019) lalu.

Tampilan memang keren. Menurut Stefan, bus ini merupakan yang pertama dibuat di Indonesia dan merupakan pengembangan dari bus sleeper yang pernah ada.

Formasi kursinya 1+1 dan setiap kursi diberi tirai pada samping kanan dan kiri.  Pada setiap kursi, tersedia jack 3,5 mm untuk bisa lebih menikmati Audio Video on Demand. Sehingga, penumpang bisa memilih film dan lagu yang tersedia sesuai keinginan

Selain itu koneksi Wi-Fi juga bisa diakses setiap penumpang. USB port juga disediakan di tiap kursi. Kursinya bisa dilebahkan hingga sudut 120 derajat, sehingga penumpang bisa tidur dengan nyaman.

Ruang kemudi bus Suite Class Laksana – dok.Motoris

Bus yang dibanderol Rp 1,9 miliar, ini panjangnya 12 meter dengan jumlah bangku hanya 21 unit. “Ini baru pertama kali kita luncurkan, ada 21 bangku yang kami ubah menjadi sleeper, ini konsep baru kita juga mengakomodir ide- ide yang ada di Indonesia dan kita kembangkan,” kata sales representative Laksana, Lang Widya, saat ditemui di tempat yang sama, Kamis (18/7/2019). (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This