Sepi Pembeli, Nissan Sodorkan X-Trail “Facelift”

Sepi Pembeli, Nissan Sodorkan X-Trail “Facelift”
Nissan X-Trail Facelift hadir di GIIAS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang enam bulan pertama atau Januari – Juni, penjualan SUV  Nissan X-Trail masih tertinggal jauh dibanding para pesaing. Mengawali semester kedua ini, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku penjaja SUV tersebut meluncurkan versi penyegaran atau versi facelift dari SUV tersebut. Akankah tokcer?

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di rentang waktu enam bulan pertama itu, Nissan X-Trail hanya terjual 719 unit. Dengan penjualan yang hanya sebanyak itu, pangsa yang digenggam pun hanya 2,21%.

Sementara di saat yang sama (di seluruh SUV kategori medium dan high) Mitsubishi Pajero terjual 11.021 unit atau merebut33,94% pangsa pasar atau menempati urutan pertama. Kedua, Toyota Fortuner laku 9.072 unit dan menggenggam 27,94%.

Ilustrasi, Toyota New Fortuner TRD Sportivo diluncurkan di gelaran GIIAS 2019 di ICE, Serpong, Tangerang – dok.Motoris

Kemudian Honda CR-V yang terjual 5.360 unit dengan merebut 16,51% pangsa pasar, dan saudaranya Honda HR-V yang terjual 2.818 unit. Setelah itu baru Nissan X-Trail.

Bahkan penjualan SUV andalan Nissan Ini kesalip SUV Wuling Almaz. Sejak diperkenalkan 23 Januari dan dijual secara resmi mulai 28 Februari, SUV Wuling ini sudah terjual 4.000 unit.

 

Diimpor dari Jepang
Seperti ditegaskan Presiden Direktur PT NMI Isao Sekiguchi, Nissan X-Trail versi facelift yang mendapatkan ubahan pada bagian eksterior itu diharapkan bisa bersaing dengan para pesaingnya. Dia menyebut, X-Trail merupakan SUV yang pas bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi di perkotaan.

“X-Trail terbaru ini hanya ada satu varian saja, yaitu VL dan diimpor utuh dari Jepang. Banyak fitur menarik di mobil ini, antara lain Mulai punya panoramic sunroof terbesar di kelasnya. Kemudian ada intelegent cruise control, touchless backdoor, dan masih banyak lagi,”kata dia di arena GIIAS 2019, ICE Serpong, Tangerang, Kamis (18/7/2019).

Senior Manager Resources and Development PT NMI Yasushi Yokoi, di tempat yang sama, Selasa (23/7/2019) mengatakan, sudah memakai high beam assist yang berfungsi mematikan dan menyalakan lampu besar secara otomatis.

Ubahan Nissan X-Trail facelift hanya pada exksterior, itu pun tak menonjol -dok.Motoris

Selain itu, lanjut dia, ada Intelligent Cruise Control yang merupakan sistem kontrol kecepatan otomatis dan dapat menyesuaikan dengan kecepatan mobil depan agar jarak antara mobil sesuai dengan pengaturan yang telah ditetapkan secara otomatis.

“Kemudian ada fitur Intelligent forward collision warning dan Intelligent emergency braking, yang memberikan peringatan dan secara konstan memantau kehadiran objek di jalur mobil. Ini berguna untuk menghindarkan terjadinya tabrakan dan risiko kecelakaan lainnya,” terang dia. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This