Setengah Tahun, Xpander  Belum Bisa Kalahkan Avanza

Setengah Tahun, Xpander  Belum Bisa Kalahkan Avanza
Mitsubishi Xpander di GIIAS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris –  Sepanjang semester pertama atau  Januari – Juni lalu penjualan Toyota Avanza dari pabrik ke diler (wholesales) tercatat sebanyak 35.841 unit. Pada saat yang sama, penjualan Mitsubishi Xpander tercatat hanya 32.213 unit.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, kinerja penjualan di rentang waktu enam bulan pertama  itu,  memang berkebalikan dengan penjualan di kurun waktu yang sama tahun 2018.

Pada saat itu, Avanza “diasapi” Xpander.Low MPV Mitsubishi itu terjual 39.948 unit. Sedangkan  Avanza hanya membukukan penjualan sebanyak 38.962 unit. Tertinggal 493 unit dibanding Xpander.

Data Gaikindo juga menunjukan di bulan Juni saja, Xpander juga lebih banyak dikirim ke diler ketimbang Avanza. Di bulan keenam itu, PT Toyota Astra Motor menjual Avanza ke diler sebanyak  3.543 unit. Sementara pengiriman Xpander sebanyak 4.624 unit.

Toyota Avanza Merah Putih di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Soal pengiriman Avanza ke diler yang sebanyak itu di bulan Juni, Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, hal itu terkait dengan hari kerja di bulan tersebut yang lebih sedikit. “Banyak hari libur karena terkait dengan lebaran. Tetapi untuk sotok ke diler sudah kita antisipasi pada bulan sebelumnya (Mei),” ujar Anton saat dihubungi, Senin (29/7/2019).

Faktanya, di bulan Mei, pengiriman Avanza ke diler jauh lebih banyak dibanding Xpander yakni 7.362 unit. Di saat yang sama, Xpander terkirim 5.101 unit.

Tetapi, yang pasti, di setengah tahun pertama pada 2019 ini, Xpander masih belum bisa mengalahkan Avanza.(Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This