Jualan Babak Belur, Nissan Coba Sodorkan Mobil Listrik di RI

Jualan Babak Belur, Nissan Coba Sodorkan Mobil Listrik di RI
Ilustrasi, sedan listrik Nissan Leaf yang dibuat oleh Nissan Motor Company dihadirkan ke GIIAS 2019 oleh Nissan Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Nissan Motor Company mencoba menjual mobil listrik di pasar otomotif Indonesia mulai tahun 2020 nanti. Model yang akan dibawa adalah Leaf Nissan generasi terbaru.

Seperti diungkapkan Senior Vice President Nissan Asia & Oceania, Vincent Wijnen,merupakan mobil listrik terlaris Nissan di dunia. Bahkan, kata dia, sedan itu juga sudah mulai dijual di beberapa negara di kawasan Asean.

Dia berharap masyarakat Indonesia bisa menerima dengan baik mobil tersebut. Terlebih, lanjut Vincent, pemerintah Indonesia juga sedang menyusun segala bentuk regulasi tentang mobil listrik.

Sehingga, secara harga juga bisa terjangkau apabila regulasi soal mobil listrik sudah resmi. “Sekarang ini kami memamerkan Leaf generasi kedua untuk pertama kali di Indonesia, dan segera dijual di pasar otomotif nasional,” tutur Vincent di ICE BSD, Serpong,Tangerang, belum lama ini.

Ilustrasi, Nissan Leaf Nismo RC – dok.AutoExpress

Mobil ini diperkenalkan ke publik Indonsia di hajatan Gaikindo Indonesia Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung di ICE, Serpong, Tangerang, 18-28 Juli kemarin.

Generasi kedua New Leaf ini diperkenalkan pada September 2017. Leaf versi anyar itu dilengkapi teknologi cerdas yang menjadi keunggulan Nissan, yaitu e-Pedal, sehingga memungkinkan berkendara hanya dengan satu pedal.

Babak belur
Penjualan Nissan di Indonesia terbukti mengalami pasang surut. Data menunjukan jika di tahun 2012, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) masih sebanyak 67.143 unit, tahun 2015 hanya 21.400 unit. Penyusutan terus terjadi, meski pada tahun 2014 mobil murah ramah ingkungan (LCGC) Datsun digelontorkan, dan mampu mendongkrak penjualan merek ini ke angka 20.520 unit.

Tapi, kegemilangan Datsun dalam menyokong kinerja penjualan NMI tak bertahan lama. Bahkan, total jenderal penjualan Nissan di Tanah Air hanya 6.885 unit.

Nissan New Livina saat dipmaerkan di hajatan GIIAS 2019 – dok.Motoris

Sementara, di rentang waktu enam bulan pertama tahun 2019 ini, Nissan Indonesia hanya mencatatkan penjualan sebanyak 7.176 unit. Generasi terbaru Low MPV Livina – yang diluncurkan Februari lalu – menjadi penyumbang penjualan terbanyak yakni sebanyak 5.045 unit. Meski, angka penjualan Livina anyar itu di segmen Low MPV berada di urutan paling bontot setelah Avanza, Xpander, Xenia, Ertiga, dan Mobilio. (Kpr/Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This