Rush Cengkeram Pasar, Terios dan BR-V Ambrol

Rush Cengkeram Pasar, Terios dan BR-V Ambrol
Toyota Rush Dress Up di GIIAS 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari – Juni atau semester pertama lalu, Toyota All New Rush terjual 29.158 unit atau 60,67% dari total penjualan Low SUV di Indonesia. Sementara di saat yang sama, penjualan Daihatsu Terios dan Honda BR-V tercatat ambrol cukup dalam.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, penjualan Rush di rentang waktu enam bulan pertama tersebut melonjak 49,47% dibanding periode yang sama tahun 2018. Pada paruh pertama tahun 2018 itu, Rush terjual 19.508 unit.

Soal mencorongnya penjualan Rush ini, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, yang ditemui beberapa waktu lalu mengatakan, faktor kebaruan atau perubahan dari Low SUV itu menjadi pendongkrak penjualan.

All New Terios di IIMS 2019 – dok.Motoris

“Karena perubahan besar yang dilakukan, baik pada desain maupun fitur menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, tren di pasar SUV di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir ini memang terus tumbuh,” kata dia saat ditemui di booth Toyota, di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, ICE, Serpong, Tangerang, belum lama ini.

Namun, faktanya, kebaruan bukan faktor penentu mutlak. Buktinya, Low SUV merek lain yang juga telah mendapatkan sentuhan pembaruan, ternyata penjualannya tak moncer. Sebut sebagai contoh, penjualan saudara kembar Rush – Daihatsu Terios – yang justeru redup.

Di kurun waktu yang sama, Low SUV Daihatsu ini hanya terjual 8.704 unit. Jumlah ini ambrol 30% dibanding semester pertama tahun 2018 lalu. Tapi, kinerja Terios ini masih lebih baik dibanding Honda BR-V.

Honda BR-V versi facelift atau versi baru diluncurkan di IIMS 2019 – dok.Motoris

Andalan Honda di segmen Low SUV ini, hanya terjual 1.622 unit di enam bulan pertama. Jumlah ini longsor 46,31% dibanding periode sama tahun lalu. Padahal, versi anyar BR-V telah diluncurkan di hajatan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, April lalu.

Di segmen ini juga ada Honda HR-V 1.5 yang di periode itu terjual 7.046 unit. Kemudian Chevrolet Trax yang laku 511 unit. (Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This