Penjualan Ambrol 12,8%, Keuntungan Mazda Longsor

Penjualan Ambrol 12,8%, Keuntungan Mazda Longsor
Ilustrasi, Mazda CX-5 tahun 2019 - dok.Car and Driver

Tokyo, Motoris –  Sepanjang semester pertama tahun 2019 atau dari Januari hingga Juni lalu penjualan Mazda Motors Corporation di pasar global longsor 12,8% dibanding periode sama tahun lalu.  Sedangkan di kuartal pertama (April – Juni) tahun fiskal 2019/2020 laba perusahaan ambrol hingga 74,5%.

Laporan keuangan Mazda yang dikutip Nikkei dan Marketlines, Jumat (2/7/2019), menyebut di rentang waktu enam bulan pertama tahun 2019 ini, penjualan mobil yang dibukukan pabrikan hanya 744.422 unit.

“Melempemnya penjualan di pasar global dikarenakan merosotnya penjualan di Jepang, Amerika Serikat, Eropa, dan di kawasan lainnya,” tulis Nikkei.

Sepanjang kuartal pertama 2019/2020 atau dari 1 April – 30 Juni lalu, laba bersih yang dikantongi Mazda ambrol dari 20.570 miliar yen (di 1 April – 30 Juni 2018) menjadi 5.240 miliar yen. Padahal, pendapatan yang dibukukan tidaklah jelek-jelek amat, yakni 848, 92 miliar yen dari sebelumnya 872,3 miliar yen.

Kantor pusat Mazda – dok.Wikimedia

Model yang selama ini menjadi mobil terlaris Mazda, yakni CX-5, penjualannya juga melempem. Crossover ini hanya laku 226.393 unit atau menyusut 7,4% dibanding Januari-Juni 2018.

Sementara, jumlah mobil Mazda yang diproduksi sepanjang Januari – Juni itu menciut 10% dibanding rentang waktu sama tahun lalu, yakni 747.635 unit. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This